Jumat, 22 Juni 2012

dr. Musa Seobiantoro, SpOG

Menyanyi umumnya dilakukan di ruang karoke, kamar mandi atau panggung. Menyanyi di kamar operasi, saat hendak melakukan operasi Caesar? “Saya biasa menyanyi saat membantu persalinan normal atau Caesar,” ujar dr. Musa Seobiantoro, SpOG dari Rumah Sakit Bersalin Asih, Jakarta. “Untuk menenangkan pasien dan diri sendiri.”
Hoby menyanyi sudah sejak di SMP, sekitar 40 tahun lalu. “Saya menyanyi sambil main gitar,” ujarnya. Lulus SMP ia ditawari mantan guru olahraga dan seninya untuk bergabung di band Pemda Bangkalan, Madura. “Mereka bilang, suara saya bagus,” ia tertawa.
Di SMA, ia pernah mewakili Bangkalan mengikuti kompetisi pop singer di Pamekasan. “Alhamdulilah, saya juara,” ujarnya. Masuk FK Universitas Gadjah Mada, ia membuat grup band dan tetap menjadi vokalis selain menggebuk drum. “Selesai dokter umum, bandnya bubar.” Meski sudah tidak punyai band, ia masih sering menyanyi dalam acara ulang tahun  atau pernikahan. Juga saat ia menjalani wajib kerja sarjana, “Alirannya, masih musik pop.”
Tahun 1995, saat RSB Asih ulang tahun, ada senior yang meminta  menyanyi lagu dangdut. “Saya berpikir, penyanyi kan harus bisa semua jenis musik. Lalu, saya belajar musik dangdut. Saya beli CD-nya Meggi Z, Mansyur S dan Caca Handika,” ujarnya semangat.
Dangdut, menurutnya, sangat mengasyikan, merakyat dan digemari banyak orang. Saat belajar dangdut tahun 2004, ia mendapat  pasien seorang arranger sekaligus pencipta lagu, yang kemudian menantangnya untuk rekaman. Berbekal beberapa lagu, “Saya rekaman dan berhasil membuat satu album.” Ia puas, meski harus membeli lagu dan membayar rekaman sendiri.
Hasil rekaman “Dok Mus”, begitu ia dipanggil, sampai ke telinga Solid AG yang kala itu sedang ngetop. Komentar Solid AG, lagunya kurang bagus sehingga format lagu di album pertama itu diubah, ditambah  beberapa lagu Solid AG. “Album dan video klip selesai, ternyata saya ditipu dan labelnya palsu. Album tidak bisa keluar,” katanya.
Kemudian, ia bertemu artis seperti Inul Daratista, bahkan sempat duet dengan Anisa Bahar di atas panggung. Kini, ia sedang sibuk menyelesaikan album kedua; rencananya akan dipasarkan November 2012. Di album ini ia bermain total: sebagai penyanyi, pencipta lagu dan produser sekaligus. Album kedua ini tag line-nya ‘Catatan Dokter Musa’. Single hits- nya lagu “Gerimis Pagi”. (ant)