Sabtu, 10 April 2010

Perdarahan Implantasi

Setelah konsepsi terjadi, maka sel telur yang sudah dibuahi akan bergerak ke arah rahim serta menanamkan diri di lapisan dalam rahim (endometrium). Pada sebagian wanita penanaman ini menimbulkan bercak darah (spotting). Darah ini kadang-kadang membuat bingung dengan menstruasi.

Pada umumnya darah implantasi ini berupa bercak merah terang atau kecoklatan. Tidak seperti menstruasi bercak ini cendrung hanya muncul 1-3 hari dan bersifat intermiten.
Sering terjadi sebelum periode menstruasi berikutnya, biasnya sekitar 6 - 12 hari setelah ovulasi.



Berbeda dengan pandangan umum, tidak semua wanita mengalamiperdarahan implantasi. Kenyataanya hanya sepertiga wanita mengalami fenomena ini. Namun demikian karena kemiripannya dengan perdarahan awal menstruasi bisa saja membuat bingung.

Untuk itu perlu diperhatikan hal-hal seperti berikut
Tampilannya - Perdarahan implantasi cendrung berwarna merah muda atau coklat muda, sedangkan darah haid biasanya berwarna merah gelap.

Waktu - Jika wanita mengalami pembuahan maka perdarahan implantasi perdarahan sebelum haid sekitar 9 hari setelah ovulasi.

Durasi - Perdarahan implantasi cendrung berakhir dalam 1 sampai 2 hari serta bersifat intermitten (terputus-putus).

Heaviness - Unlike the progressively heavy flow of a menstrual period, implantation bleeding tends only to occur as light spotting or coloured discharge.