Kamis, 08 April 2010

KRAKEN ...apaan sih ?

Dalam film "Clash of the Titans," Zeus, raja para dewa, memberi perintah kepada saudaranya yang berasal dari alam roh untuk melepaskan "Kraken". Dalam film ini, Kraken adalah makhluk rakasa yang sangat besar dengan banyak kaki (tentakel) . Kraken dilepaskan untuk memberi pelajaran ke pada manusia agar mau mengingat Zeus lagi.

Banyak pembuat film mengambil lisensi artistik dalam menggambarkan Kapa itu raken, tetapi sebetulnya mereka tidak mulai dari nol dalam menggambarkan bentuk KRAKEN. Seribu tahun yang lalu sudah ada naskah yang menggambarkan tenbtang KRAKEN ; mitologi Skandinavia menggambarkan Kraken sebagai makhluk yang sangat besar sekali, sehingga tubuhnya muncul ke permukaan laut seperti beberapa pulau kecil. Pelaut yang tidak menaruh curiga akan mendarat ke atasnya,,,selanjutnya wam bem buk ...perahu mereka hancur oleh tentakelnya.

Berabad-abad yang lalu ketika batas antara binatang yang legendaris dan realitas binatang itu kabur, si Kraken hanya salah satu dari beberapa hewan fantastis yang keberadaannya diperdebatkan (termasuk naga dan monster laut). Pada tahun 1752 uskup skandinavia : Eric Ludvigsen Pontopiddan menerbitkan buku berjudul "Sejarah Alam Norwegia", di mana ia memasukkan Kraken ke dalam bagian tentang monster laut. Digambarkannya Kraken sebagai sesuatu yang mengerikan bentuknya "bulat, datar, dan penuh dengan senjata."

Pada 1800-an ilmuwan telah cukup penampakan dan bukti (termasuk ditemukannya bangkai terdampar di pantai Newfoundland) dan secara resmi nama KRAKEN dipakai pada bangkai itu. Cerita-cerita tentang Kraken kemungkinan besar terinspirasi oleh makhluk rakasa laut nyata: yaitu cumi-cumi raksasa (Architeuthis).