Jumat, 09 April 2010

FARMVILLE

Farmville adalah sebuah permainan berupa simulasi real-time game peternakan yang dikembangkan oleh Zynga, tersedia sebagai aplikasi di situs jejaring sosial Facebook. Permainan ini memungkinkan anggota Facebook untuk mengelola sebuah peternakan virtual dengan menanam, tumbuh dan panen tanaman virtual dan pohon, dan memelihara ternak.

Sejak diluncurkan pada Juni 2009, Farmville telah menjadi aplikasi permainan yang paling populer di Facebook, dengan lebih dari 82.4 juta pengguna aktif dan lebih dari 23.1 juta fans pada bulan Maret 2010. Total pengguna Farmville lebih dari 20% pengguna Facebook dan lebih dari 1% populasi dunia.

Meskipun demikian , Farmville masih digolongkan oleh Zynga sebagai dalam tahap Beta testing, dengan semua dari pemainnya saat ini dianggap sebagai Tester. Farmville dimulai sebagai tiruan dari Farm Town yang juga populer di Facebook.

Bila selama ini para pengguna game-game Zynga seperti Mafia Wars dan Farmville rajin menerima notifikasi via Facebook Notifications, maka dengan terobosan Zynga ini ada kemungkinan Zynga maupun para gamer tidak bergantung lagi pada Facebook untuk mendapatkan peringatan.

Langkah yang diambil oleh perusahaan yang berbasis di San Fransisco ini selain untuk membuat Zynga lebih 'mandiri', hal itu juga berkaitan dengan rencana yang akan dijalankan Facebook menyangkut para pengembangnya. Pada bulan Oktober lalu, Facebook mengatakan mereka ke depannya tak akan lagi mengijinkan para developer untuk mem-push tiap update yang mereka lakukan ke pemakai Facebook.

Hal itu menjadi pukulan tersendiri bagi para pengembang karena selama ini notifikasi itulah cara terbaik untuk tetap menggaet user mereka.

Jika Zynga sudah menjalankan langkah SMS notifikasinya ini, berarti ia harus bisa meyakinkan para user untuk menyerahkan nomor telepon. Dilansir TechCrunch, Rabu (23/12/2009), meskipun sejauh ini pesan yang disampaikan hanya berupa notifikasi saja, namun nanti para user juga bisa merespon peringatan itu dengan mengeksekusi game yang mereka mainkan, meskipun mereka jauh dari komputer.

Dalam rangka uji joba layanan ini, baru secuil para pecinta Mafia Wars saja yang bisa menikmatinya karena ia berbasis teks, tidak seperti Farmville yang menggunakan Flash.

Sekedar informasi, peringatan via SMS ini bukanlah yang pertama kalinya dilakukan Zynga untuk bisa 'mandiri' dari Facebook Platform. Sebelumnya, Zynga telah membuat situs Farmville yang beralamatkan di Farmville.com sehingga para user bisa lebih leluasa 'bertani' di 'lahan' sendiri.(wiki dan detiknet)