Senin, 29 April 2013

Pengobatan Kanker

Beragam macam jenis pengobatan kanker memang banyak. Karena memang banyak alternatif dalam pengobatan dan perawatan kanker selain medis. Banyak juga jenis pemgobatan alamiah atau pun sekarang kita mengenalnya dengan pengobatan kanker dengan herbal. Diantara jenis pengobatan kanker secara medis antara lain adalah pembedahan (operasi), radiasi, Immunoterapi, dan juga secara kemoterapi.

Dan pengobatan baru serta perawatan kanker terbaru dalam dunia medis kedokteran adalah dengan menggunakan apa yang disebut dengan TACI (Trans Arterial Chemo Infusion). Teknologi pengobatan medis ini adalah pemberian obat pembunuh kanker (lebih mudah dikenali dengan kemoterapi) langsung ke target tumornya melalui pembukuh darah yang memasok logistik ke tumor (feeding artery). Itulah yang dimaksud dengan TACI obat kanker tersebut.

Karena selama ini efek samping kemoterapi karena langsung ke dalam sistemik peredaran darah banyak juga ditakuti oleh banyak pasien. Karena obat yang ditujukan untuk membasmi sel kanker akan diinfuskan langsung ke pembuluh darah dan langsung menyebar ke seluruh tubuh. Akibatnya, tidak hanya sel kanker yang terbasmi, sel sehat pun ikut rusak. Maka kita bisa lihat bahwa pasien dengan melakukan perawatan kemoterapi rambutnya akan rontok, nyeri, mual, dan muntah juga menambah penderitaan pasien yang mengalami efek samping obat kanker.

Pengobatan Kanker

Sedangkan metoda TACI ini maka pemberian obat kemoterapi secara langsung ke dalam pembuluh arteri, maka konsentrasi obat yang menuju target tumor akan optimal sehingga dapat secara efektif membunuh sel-sel kanker tanpa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Kualitas hidup pasien dapat tetap terjaga dan meningkat, tanpa efek samping diare, rambut rontok dan mual muntah yang hebat. Selain itu dosis obat yang diberikan pun jauh lebih sedikit dibanding dengan kemoterapi konvensional. Ini adalah keunggulan metoda pengobatan kanker TACI dibanding kemoterapi konvensional lainnya.

Ada beberapa jenis pengobatan kanker yang bisa dilakukan dengan TACI ini adalah :
Kanker payudara, kanker hati, kanker leher rahim, kanker indung telur, kanker paru, kanker tulang, kanker mulut, kanker usus, kanker pankreas, kanker jaringan lunak, kanker leher, kanker lidah.
Selain jenis kanker di atas, ada beberapa jenis kanker yang tidak bisa dilakukan tindakan Trans Arterial Chemo Infusion yaitu kanker darah (leukimia), kanker saluran getah bening, kanker dengan anak sebar seluruh tubuh, kondisi pasien yang tidak memungkinkan (pasien gagal ginjal, gagal jantung / hati/ paru).

Tindakan ini bisa dilakukan di Rumah Sakit Permata Medika Semarang yang beralamat di jalan Moch. Ichsan No. 93-97 Ngaliyan Semarang. Ada beberapa persiapan sebelum melakukan tindakan ini diantaranya yaitu konsultasi dengan dokter spesialis yang merawat pasien secara komprehensif, kemudian dilakukan pemeriksaan penunjang baik radiologi, patologi anatomi dan laboratorium darah. Pasien juga dianjurkan untuk berpuasa selama 6 jam sebelum tindakan.

Keberhasilan pengobatan kanker menggunakan metoda ini dari beberapa tulisan serta penelitian di luar negeri, tindakan TACI menunjukkan angka keberhasilan yang cukup tinggi dan signifikan dan bila dikombinasikan dengan tindakan pengobatan kanker lainnya seperti halnya dengan operasi pembedahan dan juga radioterapi untuk kanker.

Prosedur pemeriksaan TACI ini adalah dengan menggunakan alat radiologi Angiography, sama halnya dengan pemeriksaan jantung kateterisasi jantung (angiography koroner). Tindakan dilakukan oleh seorang dokter dan dibantu beberapa asisten dokter. Pasien hanya memerlukan anestesi atau bius lokal saja di daerah paha atas karena irisan yang dibutuhkan hanya selebar kurang lebih 3mm.

Pasien dalam keadaan sadar dan tidak merasakan sakit saat dilakukan prosedur medis ini. Dari irisan 3mm tersebut, dokter akan memasukkan selang kecil berukuran kurang dari 2mm ke pembuluh darah dan akan mencari lokasi tumor berada. Dan setelah itu dosis ditentukan dan obat diberikan.

Karena jenis pengobatan tumor ini diberikan langsung, obat bekerja pada lini pertama, dosis obat kanker yang diberikan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pemberian secara infus sehingga memberikan efek terapi yang besar pada tumornya sedangkan efek samping sistemiknya terjadi minimal. Lama perawatan kanker di Rumah Sakit pun bisa lebih singkat dan pasien dapat segera pulang ke rumahnya.