Rabu, 10 April 2013

Khasiat dan Manfaat Mahkota Dewa

 
Khasiat dan Manfaat Mahkota Dewa
Buah Mahkota Dewa

Blog Dokter - Khasiat dan Manfaat Mahkota Dewa. Hayo sobat sekalian apakah sudah mengenal buah mahkota dewa ? Kira - kira sama ndak ya dengan buah dewa ? Sering kita mendengar pepatah "Seperti Makan Buah Simalakama". Nenek saya bilang buah simalakama itu sering disebut makutho dewo, atau lazim sekarang kita sebut mahkota dewa. Buah ini memang mengandung racun, banyak yang mengaku pusing dan mual setelah mengkonsumsi buah mahkota dewa ini, namun ternyata buah mahkota dewa ini yang merupakan buah khas Irian Jaya, memiliki manfaat untuk kesehatan.

Pada awalnya pohon mahkota dewa ini sering saya jumpai pada rumah yang memiliki taman, biasanya taman rumah dimiliki golongan menengah ke atas, sepertinya waktu itu pohon mahkota dewa ini difungsikan sebagai prindang dan penghias taman, karena memang bentuk buah dan bunganya yang sangat menarik.

Daun Mahkota Dewa Untuk Obat Gatal

Belakangan pohon ini sudah sangat banyak dijumpai didaerah-daerah, tidak hanya di Irian Jaya, Buah Mahkota Dewa ini tersebar di hampir seluruh penjuru tanah air. Salah satu manfaat mahkota dewa adalah pada bagian daun. Dapat memanfaatkan daun mahkota dewa untuk mengobati gatal pada kulit, caranya cukup mudah: ambil helai daun mahkota dewa. remas remas hingga lumat dan keluar air, lalu usapkan pada bagian yang gatal.

Khasiat dan Manfaat Mahkota Dewa
Pohon Mahkota Dewa

Mahkota Dewa Untuk Obat Mencret

Jujur saja, saya belum pernah mengkonsumsi buah mahkota dewa ini, namun dari pemilik pohon mahkota dewa yang saya SMS ( kebetulan paman saya ) menceritakan bahwa salah satu manfaat dari buah mahkota dewa adalah terletak pada kulit nya. Kulit Mahkota Dewa yang telah dikeringkan sangat ampuh untuk mengobati disentri ( gangguan usus/radang ), orang awam di desa menyebutnya mencret, karena disentri ditandai dengan gejala tinja encer. Caranya cukup dengan menyeduh kulit kering mahkota dewa lalu mengkonsumsinya.

Khasiat dan Manfaat Mahkota Dewa
Buah Mahkota Dewa Yang Sudah Matang


Mahkota Dewa Untuk Kanker

Pengobatan Herbal Modern mengemukakan bahwa kandungan dari buah mohkota dewa ini ternyata juga efektif menghambat sel kanker dalam tubuh, seperti juga teh daun sirsak yang juga mengobati kanker, buah mahkota dewa ini kian dicari untuk solusi kanker, untuk resepnya memang banyak dan sangat bervariasi, saya belum bisa memposting di sini, saya cari tahu ya resep buah mahkota dewa untuk kankernya, mana yang paling sering digunakan.

Khasiat dan Manfaat Mahkota Dewa
Kulit Mahkota Dewa Kering Siap Saji