Rabu, 24 April 2013

Manfaat Aneka Buah

Blog Dokter - Besyukur pada Tuhan, kita telah diberi tempat yang luar biasa, daerah tropis yang kaya akan ragam hayati, termasuk didalamnya keragaman buah-buahan. Manfaat buah pun banyak kita dapatkan secara mudah di daerah tropis seperti ini. Berbagai buah lokal di Indonesia sebenernya tidaklah kalah dengan buah dari belahan bumi yang lain. Bahkan buah dari wilayah tropis kini makin dicari dan diupayakan untuk ditanam di daerah lain. Berikut beberapa buah lokal dan manfaatnya :
Sawo

Siapa yang belum kenal dengan buah tropis yang satu ini ? Yap Benar Sawo, bahkan sawo bisa sangat sering kita dengar karena acap kali digunakan untuk mewakili warna kulit, sawo matang. Buah sawo memiliki warna coklat dan memiliki rasa manis sepet yang sangat khas, sebelum rumah orang tua saya dulu dibangun katanya bekas beberapa pohon sawo yang rindang. Sawo ini banyak mengandung karbohidrat, dalam 1 buah sawo 20% nya adalah gula. Vitamin A, vitamin B, vitamin C dan kandungan potasium yang tinggi pada sawo sangat  baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah pada manusia
.
Kesemek

Kesemek, nama yang mungkin asing buat anak masa sekarang, karena memang jarang, dulu ketika kecil masih teringat saya sering minta buah kesemek di tempat Mbah Haji. Buah Kesemek ini mirip manggis tapi lebih kecil dan terdapat bedak tipis pada kulit luar nya. Buah Kesemek bisa dipakai untuk menjaga kesehatan gigi, kadnungan fluoride yang tinggi pad abuah kesemek sangat bagus untuk menjaga kesehatan gusi dan mulut.

Jeruk Bali

Kalau bicara buah yang satu ini, teringat juga mainan waktu kecil membuat gerobak kecil dengan kulit jeruk bali. Jeruk bali seperti buah jeruk pada umumnya namun jeruk bali memiliki ukuran yang lebih besar serta memiliki warna putih atau merah muda. Jeruk bali banyak mengandung flavonoid, pektin dan likopen. membantu menurunkan kadar kolesterol, mencegah anemia serta mengurangi resiko penyakit jantung.
    
Jambu Air

Jambu air (-jambu wer,  basa jawa), ini adalah buah paling umum, bahkan hampir di setiap area di Indonesia ada jambu air. Dinamakan jambu air karena memang kandungan air yang dominan pada buah ini. Buah ini banyak sekali mengandung vitamin A, C, kalsium dan protein. Berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan serat untuk melancarkan sistem pencernaan.

Jambu Biji Merah

Jambu biji, kandungan vitamin C dalam jambu biji sangat tinggi serta banyak juga kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A dan B1. Makan jambu biji disarankan beserta kulitnya, karen pada kulit jambu biji ini lah kandungan vitamin C berada, bagus untuk menjaga vitalitas, kesehatan kulit, minum jus jambu biji setiap hari 1 kali dipercaya bisa menunda proses penuaan kulit pada wanita

Duku

Lagu jawa :" Dondong opo salak ....duku cilik-cilik" ( -agak parau suara saya ya ), memang duku bentuknya kecil/cilik dan memiliki daging bening . Buah duku mengandung banyak mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi. Duku bisa dimanfaatkan untuk obati diare.

Belimbing

Belimbing, nah ini dia buah favorit saya, rasanya asem tapi kog bikin ketagihan ya. Tidak perlu ya saya jelaskan bentuk nya, karena pasti sobat Blog Dokter sudah hafal dengan buah yang satu ini, kalau beli Lotis pasti ada buah ini bukan.... Belimbing kaya akan vitamin E yang sudah kita ketahui bahwa vitamin E sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.Buah Belimbing juga dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Manggis

Uhui, siapa itu si Hitam Manggis, oh hitam manis ya. Buah manggis ini juga sekarang sedang naik daun lho... Buah manggis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik berguna untuk menetralisir racun dalam jaringan tubuh, juga merupakan antibiotik serta antivirus yang baik.Bagi penderita vertigo juga bagus dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin agar tidak kambuh-kambuhan.

Nah sementara ini dulu ya sahabat Blog Dokter, biar ga terlalu panjang postingannya, kita sambung di Manfaat Aneka Buah Jilid 2 ya....Salam Kesehatan