Rabu, 03 April 2013

Mata Bintitan Dan Cara Mengobatinya


Mata Bintitan Dan Cara Mengobatinya

Blog Dokter - Bintitan pada mata, sakit mata yang jarang sekali ditemui saat ini. Bintitan pada mata kalau jaman saya kecil dulu disebut Timbil. Pada waktu kecil dulu simbah saya selalu bilang : "Aja seneng nginjen wong, mengko ndak timbilen" ( arti : "jangan suka ngintip orang, nanti bintitan" ). Datang temen kemarin yang pakai kacamata hitam, keren sih, tapi masuk rumah Admin masih aja dipakai kacamatanya, eh ternyata sedang bintitan, alias Timbilen.

Nah sahabat Blog Dokter, Bintitan atau timbil ( hordeolum ) ini sebenarnya penyakit pada mata yang tidak berbahaya, namun jika dibiarkan juga beresiko pada kesehatan mata yang serius. Bintitan pada mata merupakan infeksi pada daerah akar mata, bisa terjadi di bagian bawah, juga bisa di bagian atas.

Penyebab paling banyak dari bintitan adalah kebiasaan menggosok mata saat gatal, bisa jadi tangan yang kotor dan penuh bakteri ini menyebabkan infeksi tersebut. Nah kalau jaman dulu kebanyakan rumah dindingnya terbuat dari anyaman bambu ( gedhek ), yang tentu saja setelah terkena hujan dan panas, anyaman bambu akan lembab dan menjadi berkembangnya bakteris dan jamur, naha kalau kita ngintip di dinding ini otomatis mata yang nempel ke dinding bambu akan terkena bakteri dan jamur ini, bintitan deh.

Bintitan pada mata dimulai dengan bagian kelopak mata yang memerah kemudia sedikit agak keras, berasa sangat gatal, lambat lalun bintit ini akam membesar dan mengandung nanah, kemudian pecah dengan sendirinya. Nah lalu bagai mana jika Anda sudah menderita bintitan:

  1. Pada saat ada merasakan gejala seperti gatal pada kelopak mata dan sedikit memerah, sebelum berkembang Anda bisa mengobatinya dengan obat tetes mata yang mengandung anti biotik, atau obat salep mata, harganya cukup murah di Apotek, para Apoteker pasti tahu.
  2. Jika sudah terlanjur bintit membesar, saya sarankan untuk tidak sering disentuh dengan tangan, karena tangan bisa menjadi media perantara yang menyebabkan bintit menyebar luas kebagian kelopak mata lain.
  3. Kompres kelopak mata dengan handuk air panas, lakukan pada saat merasa gatal, ini akan menghambat berkembangnya infeksi menjadi lebih luas.
  4. Oleskan salep mata secara rutin
  5. Jika timbul nanah, jangan pecah nanah sebelum dia pecah sendiri, karena ini akan menimbulkan infeksi lebih parah.
Nah sahabat Blog Dokter, bintitan ini bisa dibilang sepele, namun jangan biarkan bintitan berkembang menjadi sakit mata serius, jika bintit menyebar luas sampai penuh di kelopak mata, akan beresiko serius pada kesehatan mata, seperti masuknya nanah pada bagian dalam mata, dll. Jaga kebersihan area mata, jaga kebersihan lingkungan dan selalu cuci tangan setelah kegiatan Anda. Salam Kesehatan.