Kamis, 05 Januari 2012

Trivia TBM JANAR DŪTA Periode Juli-November 2011


TRIVIA
TIM BANTUAN MEDIS JANAR DŪTA
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA
PERIODE JULI-NOVEMBER 2011

No. Trivia
Tanggal
Isi
Divisi
Trivia TBM 001
10/07/2011
Saat drowning terjadi laryngospasme yang terjadi akibat adanya reflex bernafas dalam air yang menyebabkan udara tidak dapat masuk ke paru-paru sehingga terjadi asphyxia dan hypoxaemia

Alam
Trivia TBM 002
11/07/2011
Taukah kamu, sebelum melakukan kegiatan olahraga di air, pastikan kamu sudah tau karakter tempat dan kedalaman dimana kamu akan berenang, dan untuk mencegah keram otot sebaiknya kamu pemanasan dahulu dan pakai life jaket bila kamu belum mahir berenang.
Sebelum turun ke kolam, sebaiknya basahi dulu badan mu di shower,jangan langsung nyebur begitu saja agar tubuh kita tidak syok dengan perubahan suhu secara tiba-tiba

Alam
Trivia TBM 003
17/07/2011
Tidak semua ular berbisa, namun hidup korban/pasien tergantung dari ketepatan diagnosa, maka pada keadaan yang meragukan ambilah sikap menganggap bahwa ular tersebut berbisa. Sifat racun ular dibagi menjadi:
1 Hematotoksin (keracunan dalam)
2 Neurotoksin (menyerang sistem saraf)
3 Histaminik (menyebabkan alergi pada korban)

Medis
Trivia TBM 004
20/07/2011
Packing merupakan cara atau teknik menyusun perlengkapan dalam ransel (carrier) supaya efisien dan rapi. Prinsip packing:
-masukkan matras dalam ransel
-letakkan barang terberat paling atas
-berat seimbang antra kiri dan kanan
-maksimalkan ruang-ruang yang ada
-urutkan barang sesuai waktu penggunaan
-pisah barang-barang yg sewaktu-waktu digunakan
-masukkan ke dalam kantong plastik
-lindungi benda mudah pecah
-hindari menggantung benda di luar ransel
-bawalah tas tambahan

Alam
Trivia TBM 005
25/07/2011
Triage adalah pengelompokan korban berdasarkan atas kedaruratan trauma/penyakit yang diderita . Pada kasus yang trgolong bencana, dimana terdapat kerusakan infrastruktur yang tidak bisa dikembalikan secepatnya, kasus dengan kemungkinan hidup kecil akan diletakkan pada prioritas rendah, sedangkan pada triage bukan bencana, kasus dengan kemungkinan hidup terbesar yang diselamatkan terakhir .

Medis
Trivia TBM 006
13/08/2011
Taukah kamu, saat menyelam gas nitrogen dalam darah akan terlarut karena pengaruh tekanan dikedalaman, jika penyelam tiba-tiba naik kepermukaan maka akan terjadi perbedaan tekanan di dalam dan diluar tubuh si penyelam,sehingga gas akan keluar dan membentuk gelembung-gelembung di dalam pembuluh darah/cairan tubuh, gelembung inilah nantinya yang akan menyumbat pembuluh darah, sehingga terjadi syok hipovolemik.Gejala-gejalanya baru timbul setelah 30 menit bahkan smpai 1 jam setelah menyelam karena gas masih dapat terlarut sangat jenuh, biasanya gejalanya berupa pusing, kelumpuhan ekstremitas bawah/paraparesis. Sebelum menyelam juga di anjurkan untuk melakukan medical chek up berupa pengecekan suhu tubuh, denyut nadi, dan tekanan darah agar kita tau tentang kondisi fisik penyelam apakah memungkinkan atau tidak untuk melakukan pnyelaman. Jadi intinya saat menyelam/diving tidak diperbolehkan kembali kepermukaan secara tiba-tiba.

Alam
Trivia TBM 007
20/08/2011
Pembagian zona kerusakan jaringan pada luka bakar:
1. Zona koagulasi/nekrosis
Daerah yg mengalami kontak dgn sumber panas
2. Zona statis
Terjadi kerusakan endotel pembuluh darah, trombosit dan leukosit (gangguan perfusi)
3. Zona Hiperemis
Mengalami reaksi berupa vasodilatasi tanpa banyak melibatkan reaksi seluler
Medis
Trivia TBM 008
23/08/2011
Tali kernmantel merupakan tali serat sintesis yang terdiri dari 2 bagian yaitu bagian mantel yang terbuat dari kain khusus sebagai pelindung dari abrasi dan bagian kern/inti yang terbuat dari serabut-serabut nilon.
Tali kernmntel terdiri dari 3 yaitu :
1.tali dinamis (dengan kelenturan 30% digunakan untuk climbing)
2.tali statis (dengan kelenturan 15% digunakan untuk rappelling)
3.tali semi (daya renggang antara dinamis dan statis digunakan untuk climbing dan rapelling)

Alam
Trivia TBM 009
27/08/2011
Ada 2 tipe drowning
1. Dry lung : air tidak masuk ke paru2 , terjadi laryngospasme yang menutup jalan nafas terjadi asphyxia
2. Wet lung : air masuk ke paru2 dibagi menjadi dua yaitu
a. Fresh water : air dari alveoli masuk ke aliran darah menyebabkan terjadi hemodilution , air masuk eritrosit menyebabkan eritrosit membengkak dan rupture lalu terjadi arrhytmia dan renal failure akibat potassium release
b. Salt water : air dari pembuluh darah masuk ke alveoli terjadi hemoconcentration yang menyebabkan shock dan terjadi edema pada paru-paru

Medis
Trivia TBM 010
29/08/2011
Non steroidal anti inflammatory drugs (NSAIDs) adalah golongan obat yang memiliki khasiat analgesik, antipiretik dan antiinflamasi . Beberapa jenis obat yang termasuk golongan ini yang sering digunakan antara lain: aspirin, ibuprofen, asam mefenamat, piroxicam . Golongan obat tersebut memiliki kontraindikasi yang patut diperhatikan antara lain : pasien dg serangan asma, bronkospasme, maag, riwayat tukak lambung , disfungsi ginjal, dan pasien yang diterapi dengan antikoagulan .

Medis
Trivia TBM 011
12/09/2011
Bivak adalah tempat berlindung sementara di alam bebas dari gangguan binatang buas dan cuaca. Bivak dapat dibagi atas bivak alam yang terbuat dari bahan-bahan yang terdapat di alam seperti daun, ranting pohon, gua, dll. Sedangkan bivak buatan menggunakan plastik, ponco, dll.

Alam
Trivia TBM 012
25/09/2011
Rematik adalah penyakit yang menyerang persendian tulang. Penyakit ini terdiri dari ratusan jenis, termasuk osteoartritis (pengapuran), lupus, serta artritis rematoid. Gejala-gejalanya adalah pegal-pegal dan peradangan pada sendi (kemerahan, bengkak, terasa panas, dan sulit digerakkan).
Penyakit rematik bisa menyerang semua orang, tidak mengenal usia dan jenis kelamin. Biasanya rematik memang menyerang orang dengan usia di atas 45 tahun. Namun orang yang lebih muda juga bisa kena, bahkan ditemukan kasus bayi yang terkena rematik. Penyakit rematik pada anak dikenal dengan Juvenile Rheumatoid Arthirtis. Dengan kombinasi pengobatan dan senam rematik yang tepat, diharapkan radang persendian dan rasa sakit akibat penyakit rematik dapat berkurang.

Medis
Trivia TBM 013
03/10/2011
Perahu karet adalah perahu yang terbuat dari bahan karet yang bisa dikempiskan kalau sedang tidak digunakan, dan dikembangkan lagi pada saat akan digunakan, perahu karet sangat sering digunakan untuk penyelamatan korban di air, karena sangat mudah dibawa dan dapat menjangkau tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau oleh perahu, atau boat. Tenaga pendorongnya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang bisa menggunakan dayung bisa juga dengan mesin tempel.
Perahu karet ada 3 jenis:
  -Perahu karet tanpa mesin
  -Perahu karet yg dilengkapi mesin
   Tempel
  -Kayak
Perahu karet juga juga memiliki fungsi sebagai sekoci pada kapal kecil, untuk pertolongan pada saat banjir, untuk keperluan wisata seperti arum jeram,perahu karet untuk penjaga pantai.

Alam

Trivia TBM 014

23/10/2011

Panduan AHA 2010 menekankan pada RJP berkualitas tinggi di mana:
1.kecepatan kompresi minimal 100x/menit
2.kedalaman kompresi min 2inci (5cm) pada orang dewasa dan minimal 1/3 diameter anteroposterior pada bayi dan anak2
3.memastikan complete chest recoil antara kompresi
4.minimalisasi interupsi saat kompresi dada
5.menghindari ventilasi berlebih (kira2 8 s/d 10 napas bantuan per menit).


Medis
Trivia TBM 015
28/10/2011
Push up adalah suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep, otot trisep, dan otot dada. Sit up adalah suatu jenis senam kekuatan yg berfungsi untuk menguatkan otot perut dan fleksor pinggul. Sedangkan backup adalah suatu jenis senam yang akan melatih  otot-otot punggung dan otot perut. Intensitas yang dapat dilakukan semuanya adalah 2-3 set dalam sehari dengn posisi benar selama kurang dari 20 menit setiap tipe latihannya.

Alam
Trivia TBM 016
21/11/2011
Beberapa tipe demam yang sering dijumpai :
a. Demam septik : suhu badan berangsur naik ke tingkat yang tinggi sekali pada malam hari dan turun kembali ke tingkat di atas normal pada pagi hari.
b. Demam remiten : suhu badan dapat turun setiap hari tapi tidak pernah mencapai suhu badan normal.
c. Demam intermiten : suhu badan turun ke tingkat yg normal selama beberapa jam dalam satu hari.
d. Demam kontinyu : variasi suhu sepanjang hari tidak berbeda lebih dari satu derajat.
e. Demam siklik : terjadi kenaikan suhu badan selama beberapa hari yang diikuti oleh periode bebas demam untuk beberapa hari yabg kemudian diikuti oleh kenaikan suhu badan seperti semula.

Medis