Selasa, 31 Januari 2012

Kumpulan Buku Berbau Medis

Postingan kali ini, admin akan berbagi info tentang buku-buku yang ada hubungannya dengan medis. Tenang, kali ini bukunya ga ada yang berhubungan dengan pelajaran ko, melainkan buku-buku seperti novel dan lainnya. Untuk teman-teman pembaca yang masih SMA juga bisa ngebaca buku-buku dibawah ini, karena bahasanya itu rata-rata sudah dibuat sedemikian rupa agar dipahami masyarakat awam, selain itu kalian juga punya sedikit gambaran bagaimana kuliah di kedokteran dan menjadi seorang dokter. Kali aja kalian yang awalnya ga tertarik masuk FK tapi gara-gara membaca buku ini malah jadi tertarik, atau mungkin yang awalnya tertarik untuk masuk FK malah jadi ga tertarik *eh. Hayuk dicek!

1. Cado-Cado (catatan dodol calon dokter)

Buku Cado-Cado oleh dr @ferdiriva ini terbagi menjadi 2 seri, dan seri yang ke 3-nya sedang dalam proses pembuatan. Mungkin buku ini sudah tidak asing lagi oleh banyak orang. Yang diceritakan di buku ini adalah kehidupan penulis sebagai seorang koass di rumah sakit yang penuh akan perjuangan dan juga canda tawa.

2. The Doctors
Ada 4 orang dokter yang juga seorang selebritis berbagi pengalaman dibuku ini, yakni: dr Boyke, dr Lula kamal, dr Tompi, dan dr Sonia. Kisah perjalanan mereka mulai dari mahasiswa kedokteran hingga akhirnya menjadi seorang dokter dan juga selebriti akan dibongkar dalam buku ini.

3. Blue Surgeon
Kisah dr Abdul Mughni seorang dokter bedah yang antusias menolong sesama umat manusia yang sedang mengalami penderitaan sementara kenyaataan hidup sehari-hari begitu hedonistik dan permisif. Novel biografinya sangat penuh inspirasi, membuat kita kembali instropeksi diri.

4. The Doctor

Buku The Doctor karya dr Triharnoto ini sangan disarankan untuk dibaca. Berisi curahan hati penulis, mengenai pekerjaan seorang dokter dan problem-problem yang dihadapinya. Buku ini sangat kaya akan pesan moral, terutama bagi seorang mahasiswa yang akan menjadi seorang dokter.

5. The Doctors
The Doctors karya Erich Segal ini mungkin sudah cukup lama, tapi tetap menjadi buku yang bagus untuk dibaca. Buku ini bercerita tentang mahasiswa kedokteran di universitas Harvard angkatan 1962.

6. Everything I Learned in Medical School
Penulis buku ini adalah admin dari @medschooladvice yang juga seorang dokter. Sayangnya buku ini masih belum masuk di Indonesia, untuk previewnya bisa cek di http://www.amazon.com/gp/reader/1451587619/ref=sib_dp_pt#reader-link

7. Heart Emergency
Ditulis oleh @falla_adinda dari FK Yarsi, bercerita tentang kisah cinta seorang koass yang menjalin cinta jarak jauh alias LDR. Sebagai seorang dokter muda, Falla tidak hanya dihadapkan pada rutinitas ko-ass, tetapi juga proses pendewasaan dirinya dalam menghadapi permasalahan.

8. Komplikasi
Komplikasi karya dr Atul Gawande mempersembahkan pandangan yang nyata dari ujung pisau bedah, menyelidiki bagaimana kesalahan-kesalahan maut terjadi dan mengapa ahli bedah yang handal bisa bertindak bodoh. 

9. Deadly Mist
Deadly Mist karya Jerry D. Gray yang merupakan seorang muallaf. Dulunya ia bekerja sebagai angkatan udara Amerika. Bukunya membongkar rahasia kejahatan Amerika yang tidak diduga oleh orang banyak. Contohnya adalah bahaya air yang mengandung flouride dapat menurunkan kepintaran anak.

10. The Miracle of Enzyme
Penemuan Dr. Shinya tentang “keajaiban“ tubuh akan merevolusi cara pandang kita terhadap tubuh manusia, nutrisi, pengobatan, dan kesehatan; hanya dengan memahami kuncinya: Enzim.

11.  The Ordinary Me
The Ordinary Me, Kok Masih Ada Yang Mau Jadi Dokter oleh Yose Waluyo masih bercerita tentang pengalaman penulis sebagai seorang dokter.

12. Ringer Laktat Untuk Rekan Sejawat
Buku karya tim @sibermedik ini bercerita bahwa menjadi seorang dokter PTT adalah sebuah wujud dari panggilan hati untuk menolong sesama. Bahwa di antara segelintir oknum dokter yang menjadikan profesi mereka sebagai “pengeruk uang penderitaan”, masih banyak dokter-dokter yang memiliki nurani dan mengabdi dengan sepenuh hati. Kisah mereka memang ada! Dan nyata! Buku ini adalah salah satu buktinya.

13. Me,Him and Labuan Bajo
Me, Him and Labuan Baju ditulis oleh Evy Ervianti berisi tentang seorang dokter yang PTT di daerah NTT dan mengalami jatuh cinta. Sebagian kisahnya adalah pengalaman nyata.

14. Kesaksian Seorang Dokter
Ditulis oleh dr. Khalid bin Abdul Aziz al Jubair, SpJP. berisi kisah-kisah yang dialami oleh penulisnya sendiri yang merupakan seorang dokter spesialis bedah dan jantung di sebuah rumah sakit di Riyadh, Saudi Arabia. Ada puluhan kisah-kisah nyata yang sarat dengan pelajaran, nasehat dan hikmah yang bisa kita ambil. Kisah-kisahnya membuat kita merenung dan berintrospeksi terhadap diri kita, agar semakin dekat dengan Allah.

Yah, itu tadi beberapa buku yang berbau medis, sebagian besar buku tersebut bisa kalian dapatin di toko buku kaya gramedia. Tapi ada beberapa buku yang ga ada di toko buku, coba aja googling biasanya ada toko buku yang ngejual bukunya secara online ko. Have a good read!