Rabu, 04 November 2009

Memblok IP adress

Lho kok memblok IP address? Yup betul...kenapa? Karena IP address tersebut punya orang iseng. Aku pernah mengalaminya beberapa waktu yang lalu. Untung komennya via moderasi kalau nggak ih sereeeem dah komentarnya. Niat baik kita tidak selalu ditanggapi baik oleh orang lain. Yang susahnya kalau komentarnya di shoutbox ...kan gak pakai moderasi.Tetapi (tetap ada untungnya juga) bisa di hapus kemudian lewat akun kita di shoutbox (cuma sudah keburu dibaca orang).malumalumalu

Posting ini berbasiskan info yang aku baca di blog tuan ini. Pertama sebelum bisa memblok IP address tentu saja kita harus tahu IP addressnya. Ada berbagai widget penghitung statistik yang bisa kita pakai. Salah satunya yang oke banget adalah StatCounter. Buat akun dulu untuk mendapatkan kode HTML-nya. Ikuti saja petunjuknya gampang banget kok.

Setelah widget Statcounter sudah ada di blog kita, maka kita tinggal login ke StatCount, kemudian klik "Recent pageload activity"(lingkaran hitam pada gambar dibawah ini). Ntar terlihat seperti screenshot dibawah ini (klik gambar untuk memperjelas):

Photobucket

Yang dilingkari merah adalah IP address pengunjung, Tulisan merah adalah penyedia jasa layanan inet pengujung yang bersangkutan (Internet Service Provider), warna hijau adalah link referer serta warna abu2 adalah link yang dikunjungi. Dari sini juga kita bisa dapat data lainnya seperti OS dan browser yang dipakai oleh pengunjung. Fiture lainnya ada di side bar (STATISTIC), lengkap banget kayak Google analitik.

Selanjutnya diperlukan kerja-kerja seperti detektif untuk memperkirakan pengunjung blog dimaksud. Dengan melihat jam komentar (baik di blog komen atau di shoutbox, maka kita bisa mengira IP pengunjung dimaksud. Kalau IP address nya sudah diketahui maka tinggal memblokirnya supaya gak bisa mengunjungi blog kita lagi (sehingga gak bisa juga meninggalkan komentar yang aneh-aneh). Untuk itu tersedia web penyedia jasa blokir IP adress secara gratis antara lain TOOLATOR. Untuk yang free kita cuma bisa memblok 3 IP adress saja (lumayan lah, moga-moga orang isengnya gak banyak).

Khusu untuk shoutbox juga tersedia fitur buat memblok penggunanya seperti pada gambar di bawah ini :
Photobucket

Cara memblok ini hanya mempan buat penangkal pengunjung yang jago komputer/inet yang kebetulan juga psikopat ha ha ha....gelakgulinggelakgulinggelakguling semoga bermanfaat.