Rabu, 18 November 2009

epoksi

Bahan Ajaib Itu
Epoksi resin yang digunakan oleh para ilmuwan sebagai dasar pengembangan sistem reparasi mandiri itu sebenarnya adalah polimer epoxide yang diaktifkan lewat panas dan tekanan. Polimer ini punya kemampuan ajaib yang dapat menyembuhkan lewat polimerisasi dan ikatan kimia antar-rantai polimer ketika bercampur dengan katalis atau pengeras.

Umumnya epoksi resin dihasilkan dari reaksi antara epichlorohydrin dan bisphenol-A. Sintesis pertama pertama epoksi resin berbasis bisphenol-A ini ditemukan oleh Pierre Castan dari Swiss dan S.O. Greenlee dari Amerika Serikat pada 1936.

Berkat temuan Castan dan Greenlee itu, material epoksi resin dapat diaplikasikan secara luas baik sebagai perekat dan bahan pelapis maupun material komposit, seperti bahan yang menggunakan serat karbon dan serat kaca yang diperkuat. Struktur kimia epoksi dan dan beragamnya variasi komersial yang tersedia membuat polimer penyembuh ini diproduksi untuk berbagai properti.

Namun, secara umum, epoksi dikenal karena daya rekatnya yang luar biasa serta tahan panas dan kimia sehingga banyak digunakan dalam bidang mekanik dan insulator listrik. 3dchem