Jumat, 24 Oktober 2008

"Domino" Surgery

Seperti domino dimana setiap batu atau kartunya saling bersambungan, yang satu tergantung kepada yang lain agar bisa jalan. Didalam proses pembedahan ada istilah pembedahan domino (domino surgery), terutama dilakukan pada bedah transplantasi.

Pencarian tentang "domino surgery" meningkat dalam beberapa jam ini karena dalam salah satu episode "grey's anantomy" yang ditayangkan pada jaringan TV America tagl 23 Oktober yang lalau menceritakan: dokter Bailey sedang merencanakan operasi domino, dimana 6 orang pasien saling berhubungan/tergantung pada yang lain, dimana jika salah seorang batal/mengundurkan diri maka seluruh rangkaian operasi yang akan dilakukan akan batal. (Memang agak berlebihan sampai 6 orang sekaligus operasi dominonya...biasa ciri khas America...terhebat dan penyelamat dunia he ...he... he...)

Kalau didunia nyata, tahun 2003 lalu Mayo Clinic melakukan operasi domino terhadap 2 penderita yang memerlukan transplantasi hati. Pasien pertama Cashman, 43 tahun menderita kelainan hati genetik , dimana hatinya memproduksi protein tertentu yang merusak jantung. syaraf dan saluran cernanya. Dia memperoleh hati baru dari donor mati.

Pasien kedua Espinoza 64 tahun, bakal mendapat limpahan hati Cashman, dimana hati tersebut diharapkan berfungsi normal pada tubuh Espinoza selama 20-30 tahun. Espinoza menderita kelainan pada saluran empedu yang menyebabkan kerusakan hatinya.

Columbus Children's Hospital tahun 2006 juga melakukan operasi domino transplantasi jantung dan paru kepada 2 bayi. Lihat sendiri slide show nya yang seru dan haru biru.