Sabtu, 25 Oktober 2008

Peri-menopause

Perimenopause merupakan masa transisi menuju menopause. Lamanya antara 2-8 tahun ditambah satu tahun terakhir haid. Masa ini merupakan tanda berakhirnya masa reproduksi. Pada masa ini silus haid menjadi tidak teratutur, bisa panjang atau pendek. Perimenopause bisa mulai sangat dini yaitu usia 35 tahunan.

Gejala yang dialami : mens tidak teratur, hot flashes , gangguan tidur, perubahan mood, gangguan berkemih, penurunan kesuburan, perubahan fungsi seksual, tulang keropos, kadal kolesterol (LDL) meningkat,

Faktor2 dibawah ini dapat mempercepat datangnya masa perimenopause: merokok, adanya riwayat keluarga, nggak pernah melahirkan, pernah dapat kemoterapi waktu masih kanak2 dan histerektomi

Peri-menopause tidak memerlukan pengobatan apa2 kecuali timbul gejala hot flashes, gangguan haid : haid banyak, lama, dan osteoporosis. Pengobatan yang mungkin : pil kontrasepsi untuk mengurangi hot flashes dan gangguan haid, progestin juga untuk mengatur haid dan ablasi endometrium untk mengurangi gejala perdarahan.

Gaya hidup yang sehat diperlukan seperti : nutrisi yang baik (rendah lemak, tinggi serat, tinggi calcium, hindari alkohol dan caffein), olah raga yang terartur dan hindari stress.