Rabu, 17 Juli 2013

Tips Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil

Tips Berpuasa Ramadhan 2013 Selama Hamil. Setiap bulan Ramadhan,sudah menjadi kewajiban umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa seperti puasa ramadhan 2013 ini. Namun untuk orang lanjut usia, wanita hamil atau yang sedang menderita sakit bisa menjadi pengecualian. Khusus wanita hamil tidak diwajibkan berpuasa karena bisa berdampak buruk bagi janin yang dikandungnya. Tapi jika kondisi memungkinkan, wanita hamil boleh berpuasa dengan catatan harus memperhatikan asupan nutrisi yang harus dikonsumsi. Untuk wanita hamil yang ingin berpuasa, sebaiknya mempelajari Tips Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil, agar kondisi kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.

Tips Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil


Kehamilan adalah proses alamiah yang dialami kaum wanita. Saat hamil, sistem dalam tubuh mengalami perubahan yang disebabkan oleh pertumbuhan janin. Untuk itu jika terjadi gejala seperti berkeringat dingin, pusing, mual dan sejenisnya, sebaiknya wanita hamil tidak perlu memaksakan diri untuk berpuasa.

Selama masa kehamilan, wanita membutuhkan gizi untuk menguatkan jaringan baru seperti payudara, pertumbuhan rahim dan plasenta. Asupan gizi ini juga penting untuk pertumbuhan mental dan fisik calon bayi. Setiap makanan yang dikonsumsi wanita hamil, 60% diantaranya berfungsi untuk menjaga stamina sedangkan 40% sisanya untuk membantu tumbuh kembang janin.

Saat memasuki usia kandungan 1-3 bulan pertama, wanita hamil rentan mengalami gangguan kesehatan seperti asam lambung berlebih dan perut kembung. Di area mulut juga sering terjadi keluhan misalnya gusi berdarah yang diawali dengan pembengkakan.

Jika ibu hamil bisa memenuhi persyaratan pola makan sehat terutama asupan gizi yang cukup, maka diperbolehkan untuk berpuasa. Dalam hal ini asupan nutrisi saat buka puasa dan sahur benar-benar harus diperhatikan untuk kesehatan janin dalam kandungannya. Pola makan sehat saat hamil sangat menentukan kesehatan dan kecerdasan anak kelak. Untuk itu setiap hari harus dipenuhi asupan gizi makro yang bisa didapat dari karbohirat, proten dan lemak. Selain itu juga harus diimbangi dengan asupan gizi mikro dari vitamin dan mineral.

Untuk wanita hamil yang ingin berpuasa selama Ramadhan, penting mengikuti tips dibawah ini:
Saat hamil wanita memerlukan cairan lebih banyak dari biasanya, untuk itu sebaiknya minum air putih 10-12 gelas perhari. Kekurangan cairan akan berpengaruh buruk terhadap metabolisme tubuh dan perkembangan janin. Perbanyak minum air putih antara waktu buka puasa dan makan sahur.
Perbanyak mengkonsumsi buah atau sayuran yang kaya serat dan protein. untuk menjaga tubuh tetap fit, sebaiknya saat sahur mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang bisa diperoleh dari nasi merah. Karbohidrat ini penting untuk menjaga kehamilan selama berpuasa ramadhan 2013 ini..