Selasa, 02 Juli 2013

dr. Andrew Ekaputra

dr. Andrew Ekaputra
Pengambilan stem cell darah tali pusat, adalah prosedur tiga menit yang aman dan tidak menyakitkan. Namun, memiliki banyak manfaat. “Terutama untuk menjawab banyaknya penyakit yang hingga kini belum ada obatnya,” ujar dr. Andrew Ekaputra, Regional Laboratory Director for Cordlife. Ia  bertugas mengawasi operasi teknis penyimpanan darah tali pusat di Indonesia, Filipina dan India. Ia juga mengarahkan dan mengelola fungsi laboratorium, termasuk proses dan perkembangan teknologi, validasi dan perbaikan.
Selain memimpin proyek-proyek regional termasuk anggaran, waktu, logistik dan managemen tenaga kerja, dia ikut memastikan agar perusahaan mematuhi peraturan standard lokal mau pun internasional. Baru-baru ini, ia dipercaya memimpin Cordlife India, untuk mendapat akreditasi dari American Association of Blood Banks (AABB), yang merupakan salah satu standard tertinggi dalam industri ini.
Sebelumnya, dr. Ekaputra adalah seorang research associate di National University of Singapore. Ia terlibat dalam pengembangan perangkat baru ortopedi dan metode baru dalam pelapisan otot, menggunakan bahan implan biodegradable. Ia berhasil mengelola dan menyelesaikan bantuan penelitian dari A*STAR science and engineering council dan mendapat posisi Postdoctoral Fellow di Institute Biologi Medis A*STAR.
Tahun 2008, ia menerbitkan jurnal akademis “Biomacromolecules; Combining Electrospun Scaffolds with Electrosprayed Leads to Three-Dimensional Cellularization of Hybrid Constructs.” Jurnal keduanya mengenai Tissue Engineering  Part A; “Composite Electrospun Scaffold for Engineering Tubular Bone Grafts.” Publikasi terbaru dirilis tahun 2011, membahas mengenai Biomaterials; “The Three-Dimensional Vascularization of Growth Factor-Releasing Hybrid Scaffold of Poly/collagen Fibers and Hyaluronic acid Hydrogel”.
Dr. Ekaputra meraih gelar sarjana di bidang applied science for materials science dari National University of Singapore. Ia dianugerahi mendali emas oleh Materials Research Society (Singapore) dan 4 penghargaan dalam daftar dekan fakultas ilmiah. Melanjutkan studi doktor di bidang bioengineering  di National University of Singapore dan dianugerahi 2 president graduate Fellowship tahun 2004 dan 2007.