Selasa, 02 Juli 2013

5 bulan hamil dengan 8 dokter kandungan

Halo semua.. Mau cerita nih pengalaman gwe selama hamil ini.. Alhamdulillah, hamil itu menakjubkan. Hamil itu luar biasa. Hamil itu menyenangkan. Yang lebih menyenangkan, ini adalah kehamilan anak pertama, dan sangat-sangat diberikan kemudahan oleh Allah SWT. Nggak ada rasa mual, nggak ada muntah-muntah. Semuanya berjalan lancar, bahkan makan gwe nggak ada pantangan sama sekali. Nasi dan ikan lahap gwe makan. Susu hamil, susu full cream, semua gwe embat. Hihi.

Mungkin awalnya karena sebelum nikah gwe rajin mengkonsumsi susu prenagen enesis. Memang sih banyak penelitian yang mengatakan nggak ada hubungannya rajin minum susu hamil dengan kehamilan. Tapi, susu hamil yang mengandung vitamin, mineral, dan asam folat akan membantu kita dalam persiapan kehamilan. Ditambah lagi dengan rajin mengkonsumsi vitamin E, makanan sehat dan sarat protein. Padahal 2 minggu nikah gwe sempet kena thypus loh. Waktu itu lemah tak berdaya banget. Sampe akhirnya setelah sembuh thypus gwe sempet telat haid seminggu, tapi mungkin belum rejeki akhirnya tanggal 31 desember 2012 gwe dapat haid dengan darah menggumpal kyk hati ayam. Firasat gwe mengatakan gwe kayaknya hamil, tapi luruh karena sakit thypus.

Awal februari kami honeymoon ke singapore. Banyak yang bilang katanya kalo honeymoon pasti bisa langsung jadi. Pulang honeymoon biasa aja, nggak ngerasa apa-apa. Soalnya pas di Singapore lebih banyak akifitas diluar dan lumayan capek. Ditambah lagi, sering terjadi percekcokan kecil antara gwe dan suami. Tunggu punya tunggu, akhir bulan kok haid belum muncul. Gwe banyak-banyak berdoa sama Allah, semoga ini pertanda. Cerita sama mertua juga langsung disuruh istirahat nggak boleh kemana-mana.

Setelah positif hamil, gwe langsung ke dokter rudi simanjuntak, spog yang paraktek di viva medika bintaro. Seminggu sebelumnya sempat dateng juga ke dokter rudi, sekedar sharing kenapa gwe belum hamil. Pas dateng lagi kesana dan positif hamil, dokter rudi menyambut dengan gembira kehamilan gwe, karena seminggu sebelumnya gwe kesana dia nggak ngeliat tanda-tanda kehamilan dalam diri gwe. Pas di usg transvaginal, dr rudi bilang baru terlihat kantung rahimnya. Mudah-mudahan 3 minggu kemudian sudah terisi janin, begitu katanya.

Gwe inget banget, pas ke dokter rudi itu hari selasa, bulan maret. Hari sabtunya setelah suami pulang dinas, gwe pergi lagi ke dokter yusfa rasyid, spog yang praktek di ypk mandiri menteng ditemenin nyokap gwe juga yang bela-belain dateng dari palembang ke jakarta. Hehehehe.Kalo hari sabtu klinik bersalin itu rame banget, itu aja gwe dapet antrian nomor 32. Tapi capek antrinya itu terbayar dengan melihat kantung rahim dan ditenangkan oleh dr yusfa. Gwe dikasih obat untuk ngelancarin peredaran darah ke janin, supaya janinnya tumbuh pesat.

Kira-kira seminggu kemudian gwe ke dokter rudi lagi. Di usg dan janin sudah mulai terlihat, sebesar biji kacang ijo. Alhamdulillah gwe seneng banget pas liat calon anak gwe mulai keliatan. Setelah itu, hidup sehat pun dimulai. Setiap hari mengkonsumsi susu hamil, telur rebus, sayur-sayuran dan yang terpenting semenjak hamil gwe sangat suka dengan buah apel. Dimakan gitu aja, atau djuice, dicampur dengan perasan lemon, atau kadang jeruk. Wow, yang lebih amazingnya lagi gwe menjalani hari-hari kehamilan gwe tanpa ada rasa ngeluh ataupun susah, seperti kebanyakan ibu-ibu hamil lainnya. Sampe kehamilan menginjak 2 bulan 2 minggu, gwe masih rutin kontrol ke dokter yusfa. Karena nggak ada keluhan, dokter yusfa cuma ngasih folamil genio dan cal 95 sebagai tambahan vitamin. Oh iya, satu lagi, duphaston sebagai obat penguat rahim. Kemudian gwe memutuskan untuk pulang ke palembang. Sempet deg-degan juga karena mertua ngelarang keras gwe untuk pergi jauh, apalagi dengan pesawat. Tapi dengan keyakinan besar akhirnya gwe pulang ke palembang diantar suami.

Sesampainya di palembang, gwe langsung nyari dokter untuk periksa keadaan janin. Gwe memutuskan untuk ke rumah sakit hermina, ketemu dengan salah satu dokter. Lupa namanya. Udah senior dan cukup tua, pwmbawaannya tenang. Tapi sayang kurang puas karena alatnya kurang memadai, alat USGnya nggak bisa rekam jantung, padahal yang pengen gwe denger itu suara jantung anak gwe.

3 hari kemudian gwe ke dokter sarah rizka spog di klinik YK madira. Di dokter ini alatnya memuaskan, dan dokternya juga lumayan komunikatif.

3 minggu kemudian, periksa di klinik hermina lagi, dengan dr asdaria tenri, spog. Dokternya baik, komunikatif juga. Alatnya juga memadai.

5 hari kemudian, karena suami dateng, ke klinik YK madira dengan dr sarah rizka lagi, tapi suami kecewa karena dr sarah rizka lebih banyak diem, nggak komunikatif.

3 minggu kemudian, karena persiapan mau pulang ke jakarta, gwe ke dokter asdaria tenri lagi. Minta obat duphaston dan cal 95.

Sampe di jakarta, langsung ada acara 4 bulanan gwe dirumah. Lumayan capek juga, ampir drop karena kurang tidur, secara gwe pesawat pagi buta. Huuffhhttt. Sempet khawatir juga dengan mybaby, tapi insyallah gak pa-pa. Mungkin karena efek capek. Gwe belum terlalu sensitif ngerasain anak gwe bergerak, mungkin karena perut gwe tebel kali yah. Wkwkwkwk.

Seminggu kemudian gwe ke rumah sakit premier bintaro, dengan dokter rudiyanti spog. Check baby check alhamdulillah sehat.

Seminggu kemudian, suami memutuskan untuk coba ke dr ismail yahya spog di rumah sakit buah hati kedaung ciputat. Ternyata dokternya baik sekali, penjelasannya detail, hasil usgnya jelas, kadang-kadang pake 2D kadang-kadang pake 4D.. Biayanya murah, pas dikantong.

Tanggal 26 juni kemarin baru dr dr ismail yahya lagi. Hasil usg nya dicetak dengan 4D tapi tetep murah. Bedanya nggak dkasih CD sama direkam aja. Alhamdulillah my baby sehat. Mudah-mudahan lancar sampe hari H. Amin.

Begitulah gwe, selalu kangen sama anak yang ada di rahim gwe. Gwe selalu pengen tau perkembangan dia, walau masih di dalam rahim. Bunda berharap dedek selalu sehat, jadi anak sholeh / sholehah, dan pintar. Amin