Kamis, 17 Januari 2013

Jaga Kesehatan Saat Banjir

Blog Dokter - Melihat berita di televisi belakangan, negeri kita sedang mengalami musibah nasional, yaitu bajir. Berbagai daerah terkena amukan air yang meluap sampai ke pemukiman penduduk. Tak bisa kita pungkiri, bahwa banjir disebabkan oleh ulah kita sendiri, yang kadang kurang begitu peduli terhadap lingkungan, seperti sampah, hilangnya daerah resapan, berkurangnya pohon akibat ditebang, negeri yang konon elok dan permai yang dijuluki paru-paru dunia ini, kini sedang berduka.

Banjir membawa sisa-sisa penderitaan, baik kerugian meteri atau pun kerugian secara fisik berupa kesehatan. Tak sedikit warga yang mnejadi korban banjir mengalami gangguan kesehatan, seperti gangguan pencernakan, flu, penyakit kelamin dan kulit, serta gangguan kejiwaan akibat stress menghadapi situasi banjir ini. Nah lalu bagaimana cara kita menjaga stamina dan kesehatan kita saat banjir. Berikut Blog Dokter akan berbagi tips menjaga kesehatan saat banjir.

  1. Hindari Hujan. banjir terjadi pada waktu seperti sekrang ini, musim hujan. Jika Anda adalah korban banjir, tetaplah berusaha untuk mengkondisikan tubuh Anda tetap kering, cari tempat berteduh saat turun hujan, ini merupakan usaha untuk menjaga badan Anda tetap vit.
  2. Tetap Makan. Banjir biasanya menjadikan lingkunagn menjadi dingin, air dibawah dan turun hujan dari atas. Tetaplah berusaha untuk memenuhi kebutuhan energi Anda, selamatkan bahan makanan yang ada di rumah untuk bertahan, dengan tetap makan kondisi tubuh tetap pria.
  3. Istirahat yang cukup. Jangan terbawa emosi untuk menantang alam yang sedang murka, jika Anda terjebak dalam situasi banjir, buatlah tempat kering untuk rutin beristirahat, ini akan membuat Anda tetap prima menghadapi situasi, jangan panik dan begadang, akan emmperburuk keadaan diri Anda
  4. Minum multi vitamin. Dahsyatnya sapuan air membawa barang apapun terbawa, termasuk sampah yang kadang membawa banyak bakteri merugikan, dengan asupan cukup vitami akan meningkatkan daya tahan tubuh kita.
Untuk Saudaraku dan sahabat sekalian yang terkena banjir, Tuhan sedang menguji ketabahan kita, marilah kita berdoa untuk sahabat semua yang sedang terkena banjir, semoga menjadi pelajaran yang berharga bagi kita, untuk menjadi lebih baik. Semoga segera diberi kemudahan dalam menghadapi musibah banjir ini. Amin.