Minggu, 06 Januari 2013

HIKING GUNUNG BATUR 2012


Kegiatan Hiking dilaksanakan pada tanggal 4 november 2012 bertempat di Gunung Batur, Kintamani, Bangli. Pada tanggal siang hari tanggal 4 November 2012, sekitar pukul 12.00, PIC kegiatan (Andrie) serta sie perlengkapan (Budhi,Reno,Andrewartha, dan Herry)  berangkat terlebih dahulu menggunakan pick up serta sepeda motor untuk memasang tenda pleton di tempat perkemahan, pada saat itu juga kami dibantu oleh 3 orang dari pihak TNI yang meminjamkan tenda. Setelah tenda terpasang dan perkemahan siap, rombongan TBM JD yang terdiri dari angkatan 19 sebanyak 13 orang, 20 sebayak 18 orang, dan 21 sebanyak 25 orang, berangkat dari kampus pukul 17.00 menggunakan mobil pribadi dan truk. Rombongan sampai tempat perkemahan sekitaar pukul 20.30. Sesampainya rombongan di tempat perkemahan langsung dilakukan persembahyangan bersama di pura yang ada di sana, lalu dilanjutkan dengan mempersiapkan hidangan untuk makan malam. Bahan yang dibawa antara lain: jagung manis untuk di rebus, ubi manis untuk di rebus dan di bakar, serta luluh sate ikan untuk di panggang. Selain itu dipersiapkan juga minuman seperti air putih, teh, kopi sachet serta beberapa jenis soft drinks.
Makan malam dilaksanakan dengan suasana hangat, riang, dan gembira antara 3 angkatan yang berkesempatan hadir. Kegiatan makan malam dilaksanakan hingga pukul 23.00 dan acara setelah itu merupakan acara bebas. Senior 19 menghabiskan malam di depan api unggun, senior 20 dan 21 memanfaatkan waktu dengan istirahat di dalam tenda. Pukul 00.00 seluruh peserta bangun untuk melakukan sembahyang bersama dan kembali dilanjutkan dengan acara bebas. Tepat pukul 02.00 seluruh peserta dibangunkan dan dilakukan persiapan untuk naik ke puncak gunung batur. Beberapa senior dari 19 dan 20 tidak dapat mengikuti hiking dikarenakan ada yang berhalangan maupun sakit sejak sebelumnya, namun itu tidak mengurangi antusiasme peserta lain.
Dari senior angkatan 21, Budhi dan Dhitayoni tidak ikut naik ke atas dikarenakan harus menjaga tenda dan beres-beres tenda. Pukul 02.30 seluruh peserta siap untuk naik dan kegiatan diawali dengan pemanasan lalu dilanjutkan dengan sembahyang bersama. Setelah selesai sembahyang peserta dibariskan berpasangan dengan Andrie dan Nugraha dibarisan terdepan sebagai penunjuk jalan sedangkan Reno di bagian paling belakang sebagai sweeper. Seluruh peserta sampai dengan selamat di puncak gunung batur pukul 05.00, di puncak senior mengawali kegiatan dengan foto-foto serta sembahyang bersama dan beberapa senior mempersiapkan saranan dan prasarana untuk upacara. Beberapa saat setelah matahari terbit mulailah dilakukan upacara untuk membuka rangkaian kegiatan HUT TBM JD XXI. Upacara berlangsung dengan khidmat.
Setelah upacara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan baliho HUT TBM JD XXI. Setelah sesi foto bersama, Nugraha didampingi beberapa teman dan senior Komang Arya turun ke bagian lembah puncak gunung Batur untuk mengabadikan momen bersama baliho HUT TBM JD XXI. Setelah semua selesai, kegiatan dilanjutkan dengan kembali ke tenda dan melakukan bersih sampah plastik sekitar pukul 08.00. Seluruh peserta tiba di kemah sekitar pukul 10.00 dan dilanjutkan dengan bersih area perkemahan. Sambil menunggu truk datang dilakukan rapat evaluasi dan bersenda gurau bersama, serta makan pagi. Truk datang pada pukul 12.00, dan semua pulang.