Senin, 24 Januari 2011

Tangan kesemutan pada wanita hamil

Pada sebagian kecil ibu hamil, ada yang mengeluh tangannya kesemutan atau bahkan kurang berasa (tidak sensitif) kalau disentuh. Hal ini terutama terjadi saat bangun pagi. Menjelang siang gejalanya berkurang. Apa yang terjadi sesungguhnya ? Pernah dengar tentang Sindroma Carpal Tunel ? Simak selanjutnya tulisan ini.

Pada saat bayi semakin tumbuh, tubuh ibu hamil akan semakin banyak menahan (menyimpan) air dan hampir semua jaringan tubuh "membengkak". Demikian juga dengan halnya dengan jaringan disekitar pergelangan tangan ikut membengkak. Ada yang namanya saraf median, yang lewat pada pergelangan tangan, terjepit akibat adanya pembengkakan ini. Kondisi ini disebut Sindroma Carpal Tunnel, nama dari serabut cincin , yang mengelilingi pergelangan tangan dimana saraf lewat.

Sindroma Carpal tunnel memberikan rasa kesemutan dan kurang sensitif di terutama pada jari tengah, manis dan kelingking pada tiap tangan serta rasa nyeri di jari telunjuk dan jempol. Jika blok sarafnya total maka seluruh jari2 seperti tidak terasa.

Kondisi ini terutama terjadi di pagi hari, akibat akumulasi penumpukan cairan di malam hari saat tidur. Gejala sindroma ini semakin terasa saat kehamilan semakin besar.

untuk mengatasinya sementara, angkat kedua tangan diatas kepala selama beberapa menit. Tekuk tangan dan pergelanagn, kembangkan jari tangan dan coba menggeliat serta memutar bahu untuk mengurangi tekanan pada saraf median. Jika tidak membantu maka bisa dipasang belat (splint) pada tangan (oleh dokter). Untuk mencegah saat tidur malam tangan ditinggikan dengan bantal.

Dokter bisa meresepkan obat diuretik (pembuang air) serta dianjurkan diet rendah garam. Secara konservatif dokter juga memberikan vitamin B6 untuk mengobati kondisi ini, tapi sayangnya bukti yang menunjukkan vitamin ini bisa membantu penyembuhan. Sindroma ini biasanya hilang sendiri setelah bayi lahir. Jika masih terasa juga setelah bayi lahir dan dengan obat2an juga gak mau hilang, maka harus di operasi ringan .

Pengobatan alternatif untuk sindroma ini diantaranya : Akupunktur, olah raga (meregangkan tangan), Massase didaerah pergelangan tangan, Osteopati, dan pijat Shiatsu.