Minggu, 02 Januari 2011

Millennium Development Goal 5

Pada bulan September 2000, terlaksana pertemuan dari Kepala Negara dan Pemerintahan dan menghasilkan Deklarasi Milenium PBB. Deklarasi ini didukung oleh 189 negara dan diwujudkan dalam delapan Millennium Development Goals (MDGs) yang harus dicapai pada tahun 2015.

Sasarannya termasuk memberantas kemiskinan dan kelaparan, meningkatkan pendidikan, mempromosikan kesetaraan jender, meningkatkan kesehatan dan melawan penyakit, menjamin kelestarian lingkungan dan membangun kemitraan global untuk pembangunan.

Delapan Tujuan Pembangunan Milenium (Millennium Development Goals = MDGs)
* MDG 1: Untuk memberantas kemiskinan dan kelaparan
* MDG 2: Untuk mencapai pendidikan dasar universal
* MDG 3: Untuk mempromosikan kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan
* MDG 4: Untuk mengurangi angka kematian anak
* MDG 5: Meningkatkan kesehatan ibu
* MDG 6: Untuk memerangi HIV / AIDS, malaria, dan penyakit lainnya
* MDG 7: Untuk memastikan keberlanjutan lingkungan
* MDG 8: Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan

MDG 5 bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ibu. Tujuan ini diterjemahkan ke dalam dua sasaran:

* Untuk mengurangi angka kematian ibu tiga per empat antara 1990 dan 2015, dan
* Untuk mencapai akses universal terhadap kesehatan reproduksi pada tahun 2015.

Dua indikator utama untuk memantau kemajuan menuju sasaran pertama adalah rasio kematian ibu dan proporsi kelahiran yang dibantu oleh tenaga kesehatan terlatih.

Untuk mencapai MDG 5 dibutuhkan penurunan angka kematian ibu secara lebih cepat lagi di masa depan dibanding pengurangan yang terjadi antara 1990 dan 2005. Upaya yang lebih besar juga dibutuhkan untuk meningkatkan layanan kesehatan seksual dan reproduksi dan mencegah kehamilan yang tidak diinginkan dan aborsi tidak aman, mengelola komplikasi aborsi, mencegah kesakitan dan kematian akibat infeksi penyakit menular seksual (termasuk HIV) dan untuk memberikan perawatan kehamilan dengan kualitas terbaik dan persalinan, termasuk perawatan kebidanan esensial.

MDG 5 juga berkaitan dengan MDGs lainnya. Seperti kematian ibu sangat mempengaruhi kematian bayi, kemajuan dalam MDG 5 juga akan mempengaruhi upaya untuk mengurangi angka kematian anak (MDG 4). Kemajuan MDG 5 juga terkait dengan MDG 6, yang bertujuan untuk memerangi HIV / AIDS dan malaria, karena ini penting sebagai penyebab tidak langsung kematian ibu.

Kemajuan dalam mencapai MDG 3, mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, akan membantu dalam mencapai MDG 5. Kematian ibu merupakan indikator yang sensitif dalam memperlihatkan ketimpangan ini, karena statistik saat ini menunjukkan bahwa perempuan miskin dan kurang terdidik memiliki risiko kematian tertinggi selama kehamilan atau persalinan.

Meningkatkan sarana pendidikan dasar (MDG 2) untuk anak perempuan dan memberantas kemiskinan dan kelaparan (MDG 1) adalah untuk memberdayakan perempuan dan secara positif akan mempengaruhi pencapaian MDG 5.

WHO mendukung negara-negara anggotanya dalam meningkatkan kesehatan ibu dan berfokus pada 75 negara prioritas yang menyumbang 97% dari seluruh kematian ibu di seluruh dunia. WHO bertujuan untuk mengurangi angka kematian ibu dengan menyediakan dan mempromosikan program bimbingan klinis dan evidence based.

Dasar untuk membuat kehamilan lebih aman adalah manajemen terpadu kehamilan dan persalinan (IMPAC), yang meliputi bimbingan dan alat untuk meningkatkan akses perempuan hamil terhadap pelayanan kesehatan berkualitas tinggi.

Selain itu dipromosikan juga perawatan terampil dalam setiap persalinan. Telah dikembangkan modul pendidikan untuk pelatihan kebidanan dan menawarkan pelatihan untuk pelatih (TOT) dalam pendidikan kebidanan. Promosi pendekatan yang melibatkan individu, keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan akses ke perawatan yang berkualitas.

Sumber : WHO