Sabtu, 17 November 2012

Kebahagiaan Butuh Pengorbanan


Idul adha udah sekitar 2 minggu yang lalu dan gw baru nyeritain sekarang??? Ya maklum namanya mahasiswa sibuk nyari jodoh tugas tugas dari dosenn..Oh ia terima kasih buat Admin Dari Bloger Energi yang mau nerima gw sebagai membernya....ok kali ini gw bakalan nyeritain sedikit pengalaman gw..

Siang itu ketika gw bersama angga lagi main di rumah salah satu sobat gw Si Fadil namanya bukan saripan....ketika lagi ngobrol mengenai cewek mata kuliah.. Tiba-tiba Ibu dari si Fadil mengajak kita Untuk merayakan Idul Adha bersama keluarga besarnya di Besum kampung halaman si Fadil.... gw sih langsung mengiakan saja karena pikir gw daripada gw ngerayainnya sendirian di kost tanpa seorang teman dan kekasih (ceiileeee) mending gw ikut aja....


Ok Fixnya gw dengan fadil sepakat berangkat sehari sebelum Hari Raya Idul Adha tiba. Rencana awalnya sih yang bakalan ikut ada 5 orang.. Tapi mungkin karena mereka punya kesibukan rumah tangga masing-masing akhirnya hanya gw dan Fadil yang berangkat menuju Besum. Diperjalanan menuju sana gw pikir akan kurang asyik karena hanya kami berdua yang di dalam mobil, sampai si Fadil ngasih tahu kalau ada temennya yang mau ikut. Gw pikir ah pasti ni tambah seru perjalanan karena bertiga tapi ternyata dugaan gw salah -_-“... 

Dia ngejemput temennya dan ternyata ia berspesies cewe jengjengjengjeeennngg.... dan notabenenya itu mantannya,,, ya udah pikir gw, gw harus siap-siap jadi obat nyamuk “lagi” lu bisa bayangin obat nyamuk ba*gon super duper buper JUMBO yg bakalin nemenin mereka berdua di Mobil... Sepanjang perjalanan gw di suguhin dengan pemandangan yang lumayan menghibur dan juga miris,,, di kiri laut di kanan gunung tapi di tengah-tengahnya gak ada pulau Jawa...dan di depan gw ada sepasang makhluk yg tidak berprikeasmaraan.
Kurang lebih 1 setengah jam kita udah sampai di Rumahnya si Fadil yg di besum. Kepenatan gw terbayar dengan suasana di tempat itu yang entah itu di sebut kampung atau kota yang belum kesampaian...karena suasananya asri namun rumahnya udah hampir semuanya sama dengan yg ada dikota.

Gw baru tahu kalau malam itu juga keluarga si Fadil akan mengadakan syukuran / Yasinan. Gw langsung seketika Panik tingkat dewa kronis langit ke tujuh...gw ngebaca abjad biasa aja masih gagu apalagi mau baca Qur’an (jgn terlalu dipercaya).... Ok malamnya pun tiba satu persatu tamu udah datang yang pastinya tamunya adalah Bapak-Bapak bukan cewe-cewe maupun Bidadari jatuh dari surga di hadapankuu eeeeaaaa....Ok hentikan kegilaan ini sejenak!!!. 

Yasinan pun dimulai dengan sekitar 20 bapak-bapak berkumis tebal yang hadir..Ok mulai dari ayat pertama gue masih mengimbangi tapi lama -  kelamaan tempo ngajinya mulai cepat dan gw tentunya mulai keteteran dan panik.. gue ngangket kepala ada bapak yang masih membaca dengan santai.. ada lagi yang mulutnya udah berhenti entah mengapa mungkin karena lagi baca yasin nya didalam hati atau lagi keram mulutnya gw gak tahu..ada lagi bapak yang saking cepetnya dia sampe” kena serang Astma lalu mati di tempat tapi itu boong. 

Sedangkan gw.. gw hanya Lancar di awal keteran di tengah dan diam di tiap Ayat bagian akhir ... Seusai kegiatan yasinan itu gw bisa menarik kesimpulan bahwa “ GW PERLU MENGUPGRADE SKILL NGAJI GW “


Namanya malam Idul Adha kurang lengkap rasanya kalau gak ikut takbiran,,, kita pun nyarii Musholla terdekat,,,,sampai sana ternyata hanya kami berdua plus di tambah beberapa anak kecilll padahal yang gw harapin sih klw bisa ada bidadari yg nyasar ke musholla gitu ... Di Mushola kami pun ikut takbiran. Teman gw si Fadil yg paling semangat untuk ni moment
Setelah haampir 2 jam kita ngikut takbirn berhubung mata gw udah berat banget akhirnya gw plg dluan kerumah.. dan di hadiahi oleh di kejar kejar anjing... untungnya gw selamat dan Malam itupun di akhiri dengan puasnya tertidur dengan Pulas...

Skipp...Keesokan paginya gw dan fadil sekeluarga setelah Sholat Idul Adha pun balik ke rumah.. ada prosesi sungkemenn gituu.. ketika gw ngeliat kegiatan tersebut tiba-tiba gw diserang akan kerinduan akan Keluarga gw di Merauke sana ..ya namanya juga nasib perantauan dan Jomblo pasti banyak yang d harapakan dan di rindukan...

Gw dan fadil pun iseng-iseng balik ke masjid pengen nonton  Pembantaian yang akan terjadi disana.. Ketika gw ngeliat kambing-kambing  terutama sapi-sapi yang udah mau dipotong,,Gw merasa dan deg-degan antara penasaran dan Kasian.. Penasaran akan seberapa lama mereka bertahan dan Kasian Karena kami sesama Makhluk yang mempunyai badan BESAR,,,,


Tapi dibalik penderitaan hewan Qurban yg dirasakannya berbuah dengan menghasilkan banyak kebahagiaan bagi orang yang mendapatkan daging dari mereka tapi kita berterima kasih kepada orang yang mengasih tidak pernah kita berterima kasih kepada hewan-hewan tersebut .. Hal itu Sama Halnya dengan Cinta Kasih Orang Tua Kita..

Orang Tua Kita bersusah Payah mencari Nafkah dan Berusaha membuat kita bahagia tapi kita kebanyakan sebagai Anak hanya menerima tapi tidak membalas kebaikan mereka. Jangankan membalas mengucap terima kasihpun jarang bahkan tidak pernah!!! Begitupun juga Gw.. Sering gw pulang merauke tetapi gw malah menghabiskan waktu bersama teman-teman gw bukan orang yang selalu membahagiakn ortu gw. Dan ada penyesalan setiap gw balik ke kota perantuan.

Kedepannya Gw bakal menghabiskaan waktu bersama mereka. Mungkin berkorban waktu memang hanylah sebagian kecil dari ap yg Gw bisa berikan kepda mereka tetapi, Dengan hal kesederhanaan itu  bisa membuat mereka bahagia...


Wassalam



Jajumon