Senin, 26 Desember 2011

Semua Tentang Kuliah di FK

Nah untuk tulisan kali ini didedikasikan untuk anak-anak SMA yang sedang dilanda kegalau-an karena pengen masuk FK. Mungkin kalian pada bertanya-tanya, isi dari FK itu apa sih. Apa yang dilakukan oleh makhluk-makhluk didalamnya. Terus, apa benar ntar ospeknya disuruh masuk kamar mayat? Yuk kita bahas satu-satu sebenernya di FK itu kalian bakal pada ngapain aja dari A sampai ke Z.

Sebelumnya, di FK itu biasanya dalam 1 semester terbagi menjadi 4 blok. Dimana tiap blok terdiri dari 4 minggu yang dibagi jadi: 3 minggu kuliah, dan 1 minggu ujian.


1. Tutorial
Klo dulu dibenakku waktu pertama kali denger tutorial adalah proses pengajaran. Entahlah apapun itu yang diajarkan dan bakal dilakuin step by step. Mungkin dulu jadi berpikiran kaya gini gara-gara sering main game, terus di game-nya ada pilihan tutorial. Ya gak? Hehehe.

Sebenarnya hampir bener perkiraaan tadi. Jadi tutorial itu kaya semacam diskusi kelompok, dimana biasanya 1 kelompok ada sekitar 10an dalam satu ruangan, terus entar kita bakal ditemenin sama 1 dosen atau yang bakal disebut sebagai “tutor”. Terus juga jalannya tutorial bakal dipimpin oleh 1 orang moderator dan ada juga 1 orang lagi ditunjuk sebagai notulen buat nyatat jalannya tutorial.

Nah dalam diskusi nanti kita bakal diberi 1 skenario. Misalnya aja ada skenario tentang orang yang kena pilek. Skenarionya kaya gini:
“Udin kena pilek kronis selama 6 tahun. Sebelumnya sudah memakai kokain supaya meredakan sakitnya”
Langkah pertama kita bakal nge-klarifikasi istilah yang belum kita paham. Ambillah kita belum paham dengan kata kronis, maka nanti kita dan teman-teman bakal ngebahas dulu apa arti dari kronis itu. Begitu juga dengan kata-kata selanjutnya.

Klo sudah bermain dengan kata-kata yang sulit, kita bakal lanjut ngebikin daftar pertanyaan sehubungan dengan skenario. Jumlah pertanyaannya terserah aja berapa. Contoh pertanyaannya kaya “Kenapa Udin kena pilek?” terus juga “Bagaimana mekanisme kokain untuk meredakan rasa sakit?” dan seterusnya.

Lanjut lagi langkah selanjutnya, kita bakal ngejawab pertanyaan-pertanyaan yang udah dibuat. Total waktu dari tutorial sendiri sekitar 120 menit alias 2 jam. Biasanya dalam pertemuan pertama ga semua pertanyaan bakal sempat kejawab, nah makanya dalam seminggu itu ada 2 tutorial yang biasanya selang 2 hari biar kita bisa baca - baca lagi lebih dalam.

2. Skill Lab
Ini dia yang rame sekaligus menyebalkan. Ketika skill lab kita akan belajar berbagai skill menjadi seorang dokter. Contohnya kaya nensi, masang infus, makai stetoskop dan lain lagi. Tapiiiii, ada juga sebagian skill yang ga meng-enakkan. Contohnya waktu skill lab pemeriksaan feses, bayangin aja tuh mesti bawa feses sendiri dari rumah  buat diliat dari mikroskop, selain itu juga disuruh memperhatiin bagaimana konsistensi, warna, dan BAU! Betul BAU! Iya yakin BAU-nya!!! (diulang-ulang biar tegang). Well, meskipun akhirnya banyak berakting juga sih, pura-pura nyium bau-nya, padahal ga ada nyium bau-nya sama sekali (pengalaman pribadi).

Oiya hampir lupa, ada satu lagi yang menyebalkan. Di tiap skill lab itu biasanya akan ada 1 orang tumbal yang ditunjuk sebagai probandus. Probandus itu ibaratnya pasien, jadi yang digunain sebagai bahan latihan oleh temen. Pas skill lab suntik, probandus-nya temen sendiri juga loh! Bayangin tuh gugupnya gimana.


3. Praktikum
Praktikum di Fakultas kedokteran ada lumayan banyak dan menyita waktu. Kadang 1 praktikum paling lama bisa sampai 3 jam, biasanya sih praktikum anatomi yang lumayan lama. Macam-macam praktikumnya ada anatomi, histologi, embriologi  (untuk awal-awal). Sebelum praktikum juga biasanya bakal ada pre-test atau tes sebelum memulai praktikum (ko kaya dibalik-balik aja ya)

Di praktikum anatomi kita bakalan ketemu yang namanya cadaver aka mayat. Tenang! Ga perlu takut sama mayat, dia ga menyeramkan kaya di film-film ko. Mungkin di bayangan kalian ruang anatomi itu gelap, penuh misteri, dan menyeramkan. Kenyataannya ga gitu ko, ruang anatominya terang benderang lah lampunya. Intinya bakal biasa aja ko pas ketemu cadaver.

Lanjut lagi ada praktikum histologi. Praktikum histologi itu kita bakalan ngeliat jaringan manusia secara mikroskopis. Misalnya aja kita bakal ngeliat jaringan otot dibawah mikroskop. Nah, klo udah ngeliat kita bakalan disuruh ngegambar yang kita liat dibawah mikroskop. Ini dia masalahnya! Kebanyakan anak FK itu ga bisa nge-gambar! Ga heran kadang kenyataan dan yang digambar teramat sangat berbanding jauh


4. OSCE
Segala sesuatu yang kita perbuat pasti akan dipertanggung jawabkan kebenarannya. Sama kaya skill lab, OSCE ini ibaratnya suatu wadah dimana kita bakal mempertanggung jawabkan apa yang telah kita dapatkan di skill lab. Jadi dalam 1 ruangan bakal ada 1 dosen dan 1 mahasiswa, terus kita disuruh ngelakuin skill yang udah kita pelajari sebelumnya. Syukur-syukur kalo dosen-nya ga bikin gugup, tapi rata-rata pasti udah gemetaran duluan sebelum ngeliat dosennya.


5. Ujian Blok
Ini yang paling menyebalkan. Di ujian blok kita bakalan berhadapan dengan soal pilihan ganda sekitar 100an dimana soalnya itu dari kuliah yang sudah kita jalani sebelumnya. Soalnya sangat unpredictable. Tapi asal kita belajar dengan sungguh-sungguh bisa aja ko ngejawab. Pertanyaannya adalah apakah kita sanggup belajar dengan “sungguh-sungguh”?


6. Inhal
“Tidakkkk aku inhalll!!!!” teriak seorang mahasiswa FK sambil loncat dari lantai 15
Oke emang ga bisa dipungkiri lagi, inhal emang bisa bikin stres. Inhal itu dimana suatu keadaan nilai kita ga mencukupi standar nilai. Inhal itu bisa inhal pretest praktikum, inhal OSCE, dan inhal ujian blok.

Klo kita sudah positif dinyatakan inhal kita bakalan melakukan ujian inhal, atau melakukan ujian ulang yang nilai kita kurang dari standar. Menyebalkannya adalah kita mesti belajar lagi yang sudah kita lalui. Meskipun ga baik juga mengingat yang sudah berlalu (contohnya mengingat mantan kekasih).


7. Mitos
Entah tau darimana, banyak banget anak SMA yang takut masuk FK gara-gara katanya waktu ospek disuruh masuk kamar mayat dan ditakut-takutin. Ini bener-bener salah. Yang ada waktu ospek kita disuruh baris berbaris dan dengerin pengarahan doang. Lagipula ga boleh juga mayat dimain-mainin buat hal yang iseng gitu.

Mitos selanjutnya anak FK jadwalnya padat banget! Well, mitos ini ada benernya juga, tapi ada yang perlu diluruskan. Emang sih padat, tapi ga jadi masalah klo kita bisa manajemen waktu dengan baik. Sepadat-padatnya jadwal kuliah anak FK masih bisa juga lah buat bernafas, makan, ngenet, dll hehehe


Oke sekian dulu postingan kali ini, klo ada yang kurang jelas bisa ditanyakan lewat komen box dibawah. Terakhir, ga semua FK sistemnya sama kaya yang disebutkan diatas. Jadi jangan heran klo prosedur FK ditempat kalian beda dengan yang telah disebutkan diatas. Postingan ini biar kalian ada sedikit bayangan sebelum akhirnya nanti “khilaf” masuk FK. Good luck!