Minggu, 18 Desember 2011

Kuliah Kedokteran? Siapa Takut!

"Cilla pengen jadi dokter ma, biar bisa ngobatin temen-temen Cilla yang sakit"
Yup! Mungkin teman-teman semua udah pada ga asing lagi kali ya sama iklan yang satu ini. Seorang anak yang masih kecil aja udah pengen jadi dokter. Nah, sekarang gimana sih realitanya kehidupan kuliah di kedokteran ini? Tentunya ga semudah yang diperkirakan oleh orang-orang. Klo pengen tau sulitnya gimana sih, ya masuk aja ke fakultas kedokteran hehe.

Mungkin udah ga dipungkiri lagi (atau mungkin kalian termasuk salah satunya) klo banyak banget orang tua yg pengen anaknya masuk kedokteran. Berjuta-juta alasannya, namun pada intinya mereka kepengen anaknya jadi dokter karena para ortu memandang bahwa pekerjaan sebagai dokter adalah pekerjaan yang mulia. Nah, yang jadi masalah adalah apabila si anak sendiri tidak ingin masuk ke fakultas kedokteran. Mungkin bisa terjadi perang dunia ke 10 gara-gara perselisihan ini.

Tenang, saya disini akan berbagi tips biar kalian-kalian yang mau masuk FK jadi ga bimbang lagi, dan udah sempet dibahas di twitter @mahasiswaFK. Yang harus dilakukan ketika kalian ga pengen masuk FK, tapi ortu kalian terus memaksa maka pemecahannya adalah dengan komunikasi yang baik. Kalian harus bisa nerangin ke ortu dengan sebaik mungkin kenapa alasannya jadi ga pengen kuliah di FK.

Memang benar kuliah di FK itu berat banget. Apalagi klo kalian yang masuk FK cuman karena paksaan ortu, bisa jadi stress ketika udah masuk di FK. Klo ga percaya bisa ditanyain ke kaka kelas atau temannya yang udah kuliah di kedokteran, gimana rasanya kuliah disana.

Jadi yang paling baik jika pengen masuk FK itu apabila dari diri kita sendiri emang pengen masuk kedokteran, dan ortu kita ngedukung buat kita masuk FK. Misalnya udah gini, jalan kalian selama perkuliahan akan terasa lebih mudah. Kenapa jadi lebih mudah? Tentunya karena ada doa dari orang tua yang selalu menyertai kita dan tekad yang kuat dari diri kita sendiri.

"Bentar!" teriak seorang lelaki dari pojok sana.
"Itu mah buat orang yang baru mau masuk FK. Nah klo kaya gue gimana coba? Udah kuliah di FK beberapa semester, tapi karena paksaan ortu. Walhasil gue stress banget nih disini. Gue mesti gimana? Mesti berhenti kuliah gitu?" kata lelaki tadi nyerocos.

Santai bro, buat yang udah terlanjur basah masuk FK karena paksaan ortu juga ada solusinya. Caranya kita lurusin niat buat menjadi dokter. Kasian ortu kita udah banyak berkorban agar kita masuk FK, masa kita mau berhenti di tengah jalan. Kalian bayangin aja senyum manis dikedua orang tua kita nanti saat kita berhasil menyelesaikan pendidikan dokter, pastinya rasa lelah kita akan terbayar. Bayangin juga gembiranya seorang pasien jika kita berhasil mengobatinya, ga cuman dapat duit tapi kita juga dapat pahala loh.

Nah udah jelas kan sekarang. Ayo kita buat orang tua kita bangga dengan kita. Jangan sampai beliau kecewa karena kita tidak belajar  dengan sungguh-sungguh.


Oiya, ini ada beberapa alasan pgn masuk FK dari followers di twitter @mahasiswaFK semoga kalian jadi termotivasi
Pengen hdp mapan sambil nolongin orang :) @LINA_KECIL 
Ingin mjd dokter yg unggul dan islami! *yeah @princeszfand 
dokter itu pekerjaan mulia dan emg udah cita2 dr kecil ;) @aflafnia 
Awalnya karena disuruh ortu, tp skrang jd pengen ngebuat ortu bangga nanti kalo ud lulus jd dokter :) @ridarahma 
disarankan, dan trnyta mmg menyenangkn:) @chindiia 
Bukan munafik , alasan pertama agar masa depan cerah @rinaldi_dot
pertama: ortu. karena kata ortu, jd dokter itu ladang amalnya luuuuaaaaass baaangeeet hahaa :D @ahizzaty 
Wujidin cita2 ortu yg pgn punya anak dokter :) @rismaadista 
merealisasikan cita" masa kecil ˆ⌣ˆ m'bahagiakan diri sendiri, orang tua, & punya misi m'bantu yg m'butuhkan p'tolongan saya.. @kenayutikus 
Udah cita² dari kecil dan dorongan dari orangtua :) @novi_andritia 
Pengen ngebantu orang" yg sakitnya sama dengan adik saya yg sosial eko nya kurang @hannnyAP
biar lebih mudah dapet Surga FirdausNya . InsyaAllah jadi dokter pekerjaan mulia :) @callme_fafa