Selasa, 27 Desember 2011

Berburu Jurnal Kedokteran

Sebelumnya mau ngejelasin dulu nih arti dari jurnal kedokteran. Jurnal kedokteran itu kaya tulisan orang yang didasarkan dari hasil penelitian dan percobaan. Biasanya jurnal itu akan diupdate oleh penulisnya dalam kurun waktu tertentu.

Nah, anak FK mungkin paling anti banget sama yang namanya jurnal. Kenapa? Alasannya adalah karena:
1. Males                   
2. Males
3. Males
Hehehe, jangan tersinggung ya. Sebenarnya selain karena faktor males tadi ada juga yang beralasan karena jurnal itu rumit, bahasa inggris, bingung nyarinya dimana, dst. Nah tenang, di postingan kali ini kita bakal ngebahas jurnal kedokteran lebih dalam lagi supaya enak memahaminya.

Sekarang mari kita ngebahas fungsi dan keuntungan dari membaca jurnal kedokteran. Jadi, jurnal itu bisa dibilang sebagai sumber pustaka yang paling oke (asal jurnal yang baru tentunya) karena jurnal itu didasarkan oleh hasil penelitian. Kita sebagai seorang mahasiswa FK itu dituntut untuk kreatif dan up-to-date terhadap ilmu medis, karena ilmunya disini tidak serta merta berhenti gitu aja, tapi akan selalu diperbaharui lagi.

Apalagi misalnya kita sudah menjadi seorang dokter, ada cerita dari seorang dosen katanya waktu beliau sekolah residen dilajarkan memberi obat X untuk penyakit Z, nah setelah beliau lulus jadi spesialis beliau ngebaca jurnal yang terbaru katanya untuk penyakit Z itu obat X ga boleh dipakai lagi karena ada efek samping yang berbahaya. Klo misalnya kita ga ada ngebaca jurnal kedokteran yang baru malah kita bakalan ngebahayain keselamatan pasien kita kan?

Selain textbook, untuk KTI biasanya dipakai juga jurnal-jurnal supaya lebih baik lagi. Bayangin aja tuh misalnya kita ngumpul KTI tapi dapus-nya dari wikipedia, bisa-bisa digergaji sama dosen. HIIIIII!!!

klik untuk memperbesar

Ga cuman buat KTI, tapi sama dengan tutorial juga. Menurut pengalaman pribadi, banyak tutor yang suka klo mahasiswanya ngambil bahan dari jurnal-jurnal yang terbaru. Selain itu, kebanyakan temen kita kan bacaannya textbook, klo kita bacaannya jurnal kita jadi punya bahan yang berbeda dari temen.

Sekarang kita masuk ke bagian yang paling ditunggu-tunggu cara mencari jurnal ala chef @mahasiswaFK dan followers-nya. Kemarin sudah pernah di tweet mengenai masalah jurnal, disitu dapat tambahan-tambahan dari teman-teman followers juga buat nyari jurnal. Ini dia cara-caranya:

Jurnal Bahasa Inggris
Disini lumayan enak, cuman ada beberapa jurnal yang mesti berbayar. Klo untuk jurnal yang udah agak lama biasanya sih gratis aja
Klo buat di pubmed ini cari yang ada tulisannya “Free Article” kemudian klik. Klo sudah klik bagian yang di pojok kanan atas (lihat gambar untuk contohnya)
klik untuk memperbesar
 Jurnal Bahasa Indonesia

Tambahan
Baca aturannya dulu gan sebelum nge-request jurnal biar ga ditimpuk bata


Kadang kita sering menemui jurnal yang berbayar. Tapi ga usah khawatir, dari pengalaman admin sendiri ngebaca jurnal-nya cukup dari abstract dan conclusion-nya doang. Untuk yang isi dalamnya sendiri (kadang isinya tentang statistika percobaan) klo bagi mahasiswa awal agak susah dipahamin karena bahasannya terlalu berat. Jadi kita ga perlu repot-repo buat ngebeli jurnalnya #mahasiswakere.

Itu tadi link-link buat mencari jurnal, sekarang ada juga cara buat mencari jurnal lewat google. Klo admin sendiri lebih sering mencari jurnalnya lewat google. Cara mencarinya dengan menuliskan tema penyakit ditambah kata abstract dibelakangnya. Contoh: “Diabetes Mellitus abstract”. Kenapa jadi ditambahkan kata abstract? Karena ciri khas dari jurnal itu ada abstractnya.

Berikut juga ada tips dari followers @mahasiswaFK:
1. Karena jurnal umumnya pdf tambahin filetype:pdf. Contoh, diabetes filetype:pdf (hati-hati ketuker sama artikel)
2. Ketik tema yg pengen dicari ditambah 'research pdf'
3. Ke pustaka masing-masing bagian. Biasanya tiap departemen ada langganan majalah jurnal.
4. Dari dosen, katanya bisa minta ke penulisnya langsung dengan kirim email, klo beruntung bisa dikasih gratis

Yap, cukup dulu postingannya. Semoga bermanfaat buat teman-teman sekalian yang lagi nyari jurnal. Klo ada tambahan link atau tips masalah jurnal, isi di box komen ya biar ditambahin. Selamat mencari!