Minggu, 08 Mei 2011

TAP Blok (Transversus Abdomoni Plane)

Didi Supriadi
TAP Blok transversus abdominis Plane
(TAP) blok bidang transversus abdominis (TAP) pertama kali digambarkan sebagai suatu teknik untuk mengarahkan insersi jarum patokan yang melibatkan ke dalam, segitiga Petit.1 2 itu suatu daerah yang dibatasi oleh otot posterior m. latisimus dorsi, otot oblik eksternal ke depan dan inferior Crest iliaka (dasar segitiga). Sebuah jarum dimasukkan tegak lurus terhadap semua lapisan/leyer, pencarian untuk titik akhir dari dua sentuhan pop. Pop ( tusukan terasa menembus kertas) pertama menunjukkan penetrasi fasia oblik eksternal dan masukkan lapisan antara otot oblik eksternal dan internal, entri kedua di pop mean katup lapisan antara internal oblique dan otot transversus abdominis. Cara ini telah terbukti analgesia pasca-operasi untuk berbagai baik procedures.3-5
Baru-baru ini, USG-dipandu teknik blok tekan adalah described.6-8 blok variasi TAP klasik, subcostal katup blok, juga telah dijelaskan, dirancang untuk menyediakan cakupan untuk lebih handal bagian atas perut

Anatomi
dinding anterior abdomen (kulit, otot, peritoneum parietal) adalah diinervasi oleh rami saraf anterior 6 di bawah dada (T7 untuk T12) dan saraf lumbar pertama (L1). Terminal cabang dari kursus saraf somatik melalui dinding perut lateral pada bidang antara otot abdominis internal miring dan transversus (Gambar 1). Intermuskularis lapisan ini disebut bidang transversus abdominis (TAP). Suntikan anestesi lokal dalam TAP sehingga berpotensi dapat memberikan analgesia sepihak pada otot, kulit, dan peritoneum parietal di dinding perut anterior dari T7 ke L1.2
Sebuah studi baru dari bedah mayat, TAP anatomi mengungkapkan hal-hal berikut, yang berkaitan dengan kinerja TAP block.10
1. Ada sarung fasia antara internal oblique dan otot transversus abdominis. Saraf palsu dalam untuk fasia ini.
2. T6-T9 saraf masukkan TAP medial garis aksilaris anterior. T6 memasuki TAP hanya linea alba lateral, dan T7-T9 pada semakin bertambahnya jarak dari linea alba. Saraf berjalan di garis TAP aksilaris lateral anterior, di sisi lain, berasal dari segmen saraf T9-L1. Hal ini mungkin menjelaskan pengamatan dari beberapa penulis yang menghalangi TAP surgery.9 hanya cocok untuk perut bawah, 11
3. Ada hubungan erat syaraf bercabang luas dan segmental dari TAP. Dalam cabang tertentu bentuk T9-L1 apa yang disebut "pleksus TAP" yang berjalan dengan arteri iliaka sirkumfleksa. Hal ini sebagian dapat menjelaskan kemampuan injeksi tunggal untuk menutup beberapa tingkat segmental.
TEKNIK BLOK
Teknik Scanning • Ultrasonografi yg memandu TAP blok, dianggap sebagai tingkat keterampilan blok DASAR. Hal ini relatif sederhana untuk mengidentifikasi lapisan fasia antara internal miring dan transversus abdominis otot. • Pasien ditempatkan dalam posisi terlentang dan area perut yang terbuka antara batas kosta dan krista iliaka. • transduser A, frekuensi tinggi linier direkomendasikan untuk blok ini, karena struktur anatomi yang relevan relatif dangkal. • Setelah persiapan kulit dan transduser, transduser ditempatkan pada bidang (melintang) aksial, diatas krista iliaka, dan di garis aksila anterior.
Terminal cabang rami anterior T7 untuk L1 tidak dapat divisualisasikan tetapi TAP diharapkan untuk berada di antara otot abdominis internal miring dan melintang di atas puncak iliaka. • Mengidentifikasi tiga lapisan otot dinding perut: eksternal miring (paling dangkal), Miring dan internal melintang otot abdominis
(Gambar 2). Diantara tiga otot, lapisan otot miring internal biasanya yang paling menonjol.

Dalam aspek medial dinding perut bagian bawah, otot oblik eksternal memberikan cara untuk aponeurosis oblik eksternal dan karena itu mungkin muncul sebagai lapisan fasia daripada otot. • rongga peritoneum terletak pada lapisan otot transversus abdominis dan dapat diidentifikasi dengan loop gerak peristaltik usus.
Gambar 2. Anterolateral lapisan otot dinding perut.
• Jika ada kesulitan dalam membedakan tiga lapisan otot, akan sangat membantu untuk memulai scan di garis tengah atas otot rektus abdominis. otot rektus abdominis adalah lapisan otot hanya di garis tengah (Gambar 3).
Gambar 3. anteromedial lapisan otot dinding perut, di dekat garis tengah.
• rektus abdominis lancip otot lateral ke persimpangan yang mengarah ke lateral tiga lapisan otot dinding perut (Angka 3 & 4). TAP internal miring, transversus abdominis dan intervensi yang mudah diidentifikasi saat ini, dan dapat dilacak lateral ke area di atas krista iliaka dimana blok perlu dilakukan.
Gambar 4. Lapisan otot dinding perut anterior lateral rektus abdominis luar.
• Hal ini umum untuk memvisualisasikan kapal kecil di TAP. Warna Doppler fungsi dapat digunakan untuk mengkonfirmasi identitas pembuluh darah. Jarum Penyisipan
• A 80-120 mm 22 G jarum pendek adalah dimasukkan ke dalam lapisan blok miring dengan transduser, dalam arah anterior-posterior (Gambar 5).
• Pilih titik penyisipan beberapa jarak dari transduser memungkinkan melacak jarum dangkal dan dengan demikian meningkatkan ujung jarum dan visualisasi poros.
• Atau, jarum tulang belakang atau jarum Tuohy dapat digunakan dan dihubungkan ke jarum suntik melalui tabung ekstensi pendek.
Gambar 5. Di-daerah/lapisan blok TAP.

• Pada pasien dengan perut menggelembung, penghapusan manual dari dinding abdomen oleh asisten adalah manuver yang memungkinkan untuk penyisipan mudah jarum (Gbr. 6). Gambar 6. Manual retraksi dinding abdomen oleh asisten untuk memfasilitasi area blok TAP. • Adalah penting untuk deposit anestesi lokal ke dalam lapisan dalam dari fasia yang memisahkan miring dan internal otot transversus abdominis (lihat Anatomi). Akurat penempatan ujung jarum dapat difasilitasi oleh suntikan sejumlah kecil cairan (1-2 mL saline atau anestesi lokal) untuk "membedah hydro" lapisan yang sesuai.
• Injeksi ujung jarum lokal anestesi dengan benar posisi dan deposisi anestesi lokal ditandai dengan munculnya kantong kedalaman cairan di lapangan segera fasia hyperechoic hypoechoic bawah transversus abdominis miring dan internal di atas (Gambar 7).
• Injeksi lokal anestesi
Ujung jarum suntik posisi dan deposisi anestesi lokal ditandai dengan munculnya kantong kedalaman cairan di lapangan segera fasia hyperechoic hypoechoic bawah transversus abdominis miring dan internal di atas (Gambar 7).
Gambar 7. Di bidang injeksi anestesi lokal ke dalam lapisan TAP, antara otot transversus abdominis dan fasia lapisan otot miring di internal.

• Jika ujung jarum bukan otot pada bidang yang tepat, pola distribusi fluida konsisten dengan cairan injeksi intramuskular akan terlihat sebagai gantinya.
• Sejumlah 20-30 mL anestesi lokal (misalnya, 0,5 sampai dengan 0,75% ropivacaine) disuntikkan ke dalam area di setiap sisi. maksimum yang dianjurkan dosis anestesi lokal (3 mg / kg ropivacaine) tidak boleh terlewati.
• Selama injeksi anestesi lokal, disarankan untuk memindai perut cephalad dan caudad untuk menentukan tingkat penyebaran longitudinal. Medial dan lateral scan akan menentukan tingkat penyebaran horisontal.

Created by : Mantri Didi Supriadi
Supported by : Sederet .com