Selasa, 18 Juni 2013

Selamatkan Jantung Anda Dengan Diet

Menjaga kesehatan jantung dengan diet yang tepat dan sehat adalah merupakan bagian dari pola hidup sehat yang bisa kita mulai sekarang ini. Kita mengetahui bahwasannya fungsi jantung adalah untuk memompa darah dan nutrisi termasuk oksigen ke seluruh organ, jaringan dan sel dalam tubuh kita. Yang ini tentunya akan bermanfaat dalam memberikan nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh untuk membuat tubuh kita sehat dan kuat. Untuk itulah pentingnya kita mengenal diet pasien jantung kita.

Sayangnya jantung juga rentan terhadap berbagai macam gangguan yang diakibatkan oleh adanya gaya hidup serta pola makan yang buruk. Untuk itulah pentingnya untuk selamatkan jantung anda dengan diet sehat.

Oleh karena hal ini maka apa yang kita makan hari ini akan dapat mempengaruhi tingkat kesehatan kita pada keesokan harinya dan masa-masa yang akan datang. Mengkonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara untuk melindungi jantung kita dari berbagai jenis penyakit jantung (kardiovaskuler) seperti halnya akan serangan jantung atau pun juga penyakit stroke. Untuk itulah pentingnya kita mengenal akan beberapa macam diit untuk jantung yang menyehatkan juga.

Pola makan yang lebih sering kita namakan dengan diet sangat berperan penting terhadap kondisi tubuh kita secara keseluruhan, jika yang kita konsumsi setiap harinya mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi serta juga kolesterol jahat tentunya hal ini bisa dipastikan akan dapat mempengaruhi berat badan serta juga kesehatan jantung kita nantinya.

Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Diet

Ada beberapa cara dan tahapan mudah untuk menjaga kesehatan jantung kita, bila langkah ini selalu kita jalankan setiap harinya maka dapat menurunkan resiko terhadap berbagai jenis macam gangguan jantung.

Lalu langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaga kondisi jantung tetap sehat dan berfungsi dengan normal? Berikut ulasannya.

Mengkonsumsi Buah dan Sayur.
Menurut Harvard School of Public Health, mengkonsumsi banyak buah dan sayur setiap hari dapat menurunkan resiko seseorang terhadap penyakit kardiovaskuler (jantung) dan juga penyakit pembuluh darah lainnya.

Seperti kita tahu bahwa manfaat buah dan sayuran mengandung akan banyak nutrisi dan mineral yang penting yang kita butuhkan dan juga memberikan kontribusi terhadap kesehatan organ jantung kita. Makanan tersebut juga mengandung serat tinggi yang dapat membantu tubuh dalam melarutkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Mengkonsumsi Makanan Berserat Tinggi.
Makanan kaya dan tinggi serat seperti yang banyak kita ditemukan dalam biji-bijian dikenal ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Biji-bijian bukan hanya mengandung tinggi serat namun juga memiliki kandungan asam lemak esensial, selenium, niacin, zinc, zat besi dan vitamin E. Ini penting dan perlu diperhatikan bagi diit pasien jantung juga.

Semua nutrisi dan mineral penting tersebut dapat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ jantung sekaligus memberikan manfaat dalam melarutkan kolesterol. Untuk itu diperlukan akan diet penderita kolesterol tinggi juga.

Kurangi Asupan Lemak Jenuh Dalam Makanan Kita.
Lemak jenuh yang terdapat dalam makanan yang kita konsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama tanpa kita sadari akan bisa meningkatkan kolesterol dalam darah sehingga akan terbentuk plak pada pembuluh darah, bila kondisi ini terus dibiarkan maka akan terjadi penyumbatan pada pembuluh darah dan mengakibatkan jantung koroner. Ini adalah bagian dari cara tips menjaga kesehatan jantung.

Oleh sebab itu Dr. Dean Ornish mengenalkan pada para pasien penyakit jantung tentang salah satu metode diet yang ia ciptakan. Metode tersebut dinamakan sesuai dengan nama penemunya yaitu Ornish.

Dalam metode diet untuk jantung ini pasien diharuskan untuk mengikuti pola makan yang telah diatur sedemikian rupa sampai kondisi jantung mereka membaik.

Kurangi Konsumsi Garam.
Mengkonsumsi makanan bergaram secara berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi sendiri masuk ke dalam kelompok penyakit yang dapat memicu serangan jantung.

Hati-hati dengan makanan instant dan juga makanan atau pun minuman kalengan karena biasanya makanan seperti ini mengandung garam dalam jumlah tinggi. Inilah beberapa hal yang berhubungan dengan diet bagi penderita jantung yang perlu untuk mendapat perhatian dari kita semuanya.

Demikian tadi sahabat-sahabat semuanya salah satu dari artikel dalam penulis tamu yang disediakan di Blog Keperawatan ini dan penulis tamu tersebut adalah pemilik website sukawera.com.
Kepada sahabat-sahabat yang berminat untuk menyumbangkan artikel dan diposting di sini silakan untuk memberikan draft artikelnya di Penulis Tamu dan terima kasih kepada sahabat-sahabat semuanya yang berkenan dan memberikan kepercayaannya untuk artikelnya di publish di sini.