Rabu, 05 Juni 2013

Cara Cek Kesehatan Usus

Blog Dokter - Artikel saat ini barangkali bikin anda mengernyit atau menyebutkan “ih apa-apaan sih kok jorok banget, ”, namun pengetahuan ini penting buat anda. Beberapa orang malas mengulas semua suatu hal perihal bab atau organ pembuangan dibawah sana. walau sebenarnya, tahu apa yang anda keluarkan sama pentingnya layaknya apa yang anda makan. Situasi serta bentuk kotoran bab atau feses bisa jadi indikasi sehat atau tidaknya usus anda, serta ini bukan hanya untuk bercanda.

Mari berteman dengan bristol stool chart atau dalam arti lain kerap dimaksud dengan meyers scale. Diambil dari wikipedia berbahasa inggris, bristol stool chart yaitu skala bantuan medis yang dirancang untuk mengklasifikasikan bentuk kotoran manusia dalam tujuh kelompok.

Bristol stool chart dikembangkan oleh dr ken heaton di university of bristol serta pertama kali diterbitkan dalam scandinavian journal of gastroenterology pada tahun 1997. Skala ini dipakai untuk mengevaluasi Beragam problem pada usus atau jadi penilaian efisien tidaknya sesuatu perawatan kesehatan pada usus.

Sama layaknya waktu anda mengecek warna air seni, bila bening bermakna tidak dehidrasi, makin pekat serta kuning bermakna makin dehidrasi seseorang. Sistem bristol stool chart juga sama. Silahkan teliti gambar dibawah ini :


Jenis 1 : Struktur keras, memiliki bentuk kecil serupa kacang serta sukar dikeluarkan. Umumnya bentuk ini berlangsung pada pasien konstipasi atau sembelit yang telah kronis.

Jenis 2 : Bentuk serupa sosis namun menggumpal dengan permukaan bergelombang tidak rata. Bentuk kotoran layaknya ini bisa mengakibatkan ambeien serta juga jadi tanda konstipasi.

Jenis 3 : Bentuk kotoran layaknya sosis dengan permukaan layaknya retakan. Bentuk ini dikatakan dalam bentuk normal meskipun ada indikasi konstipasi.

Jenis 4 : Struktur lembut serta halus layaknya sosis.Bentuk inilah sebagai sinyal bahwa usus anda sehat serta tidak alami konstipasi.

Jenis 5 : Memiliki bentuk serupa gumpalan serta halus, gampang dikeluarkan. Merupakan gejala awal diare.

Jenis 6 : Bentuk serupa cairan serta amat gampang dikeluarkan, merupakan sinyal menderita diare.

Jenis 7 : Tak ada bentuk sekalipun, cuma cairan. ini yaitu sinyal seseorang alami diare kronis.

Lantas tak perlu lagi jadi jijik dengan BAB yang anda keluarkan, dikarenakan itu yaitu sisi dari sisa pencernaan yang dapat jadi di antara tanda kesehatan anda.