Sabtu, 04 Mei 2013

Tipe - Tipe Mahasiswa Saat Ujian

Ujian merupakan hal yang menakutkan bagi semua mahasiswa dan cenderung akan membuat mahasiswa memiliki sifat yang mendadak berubah ketika sedang ujian. Berikut ini hasil observasi mengenai beberapa tipe mahasiswa saat ujian.

1. Selalu terdepan

Datang awal dan duduk paling depan, terkadang mengisi kebosanan menunggu ujian selesai dengan bermain temple run bersama pengawas ujian. Biasanya mahasiswa tipe yang seperti ini dikenal sebagai mahasiswa setengah dewa dan anti menyontek maupun dicontek.

Hasil: Ketika nilai keluar nilainya berada di paling atas.

2. Flash

Disaat mahasiswa tengah serius mengerjakan soal dan bersusah payah mencari celah untuk menyontek, tiba-tiba saja suara langkah terdengar. Suara langkah tersebut berasal dari mahasiswa Flash yang akan mengumpulkan lembar jawaban ke pengawas ujian di saat waktu masih tersisa 1 jam. Sontak hal ini mengundang decak kagum oleh teman-teman yang lain. Terkadang perbuatan yang diolah mahasiswa Flash memberikan efek ke mahasiswa yang lainnya untuk ikut mengumpulkan juga.

Hasil: Nilainya berada di daftar paling bawah. Hal ini dikarenakan mahasiswa Flash biasanya terbagi menjadi 3 sub tipe, tipe pertama adalah tipe yang memang sudah selesai menjawab soal dan yakin, tipe kedua (yang terbanyak) adalah tipe pasrah dan sudah menyerah, dan tipe ketiga adalah karena sedang terburu-buru ingin menjemput pacar.

3. Captain Obvius

Tipe yang satu ini sebenarnya tipe mahasiswa yang cinta formalitas. Kita pasti pernah menemui mahasiswa yang suka bertanya ke pengawas ujian sebuah pertanyaan-yang-sebenarnya-tidak-penting-penting-banget contohnya:

Mahasiswa: “Dok, ini tulisan di soalnya ko alat pemeriksa EKB menunjukan hasil VT. Yang bener EKB atau EKG dok?”

Dosen: “Oh iya EKG maksudnya. Hehehe.” *masang muka ketawa baik sambil mikir ‘emang ada ya alat yang namanya ElektroKeluargaBerencana?’*


Hasil: “Dok ko nilai saya jelek ya? “

4. Penyontek Mini Konser

Mahasiswa yang tipe satu ini cenderung berbahaya dan dijauhi oleh teman-teman yang lainnya. Jika kronologi penyontekan yang lazim terjadi pada umumnya adalah seperti ini:

Mahasiswa 1: “Bro, nomor 8 apa?”

Mahasiswa 2: “B”


*end case*

Makah hal tersebut menjadi kurang greget bagi mahasiswa mini konser, kronologi penyontekan baginya adalah seperti ini?

Mahasiswa 1: “Bro, nomor 8 apa?”

Mahasiswa 2: “B”

Mahasiswa 1: “Ah serius? Ko feeling aku D ya? Kamu salah kali! Kan B sama D hampir mirip! Oiya udah nonton video PSY yang terbaru belum?”

Mahasiswa 2: ……….


Hasil: “Yeeesss nilai aku 83!!!!! Eh, ko nama aku di kasih tanda bintang? EH, KO AKU DISURUH IKUT REMEDIAL????!!!”

5. Mahasiswa Bendera Putih


Hasil studi epidemiologi menunjukan mahasiswa tipe yang satu ini paling banyak berasal dari mahasiswa kedokteran yang masuk FK karena bukan murni kemauan dari diri sendiri. Datang kuliah jarang, ujian jawab asal, ujung-ujungnya malah mengecewakan orang tua.

Hasil: Keluar dari FK dan beberapa mengikuti panggilan hati untuk menjadi artis youtube.

Itu tadi beberapa tipe mahasiswa saat sedang ujian, pertanyaannya sekarang adalah tipe yang manakah kamu? Silahkan tambahkan tipe-tipe yang lain di box komen!