Rabu, 07 Oktober 2009

MAAF PA TULISANNYA KEPANJANGAN JADI MALAS BACANYA

MAAF PA TULISANNYA KEPANJANGAN JADI MALAS BACANYA

Tidak sedikit orang yang mengatakan hal seperti ini disaat dia mendapat kiriman artikel-artikel atau saat dia ingin membaca suatu tulisan.

Kebenaran dari pernyataan yang dikatakan oleh orang ini sebenarnya memang malas atau sedang malas untuk membaca. Maka sebagai Pembenaran diri, dia mengatakan dengan alasan bahwa artikel atau tulisannya terlalu panjang.

Sekarang anda bayangkan kalau proses berpikir ini terjadi pada diri anak anda dan dia mengakatan : “Pah…Mah….Dede malas baca nya…habis tulisan panjang dan sepertinya tidak menarik”. Pernyataannya adalah apakah benar tulisan tersebut sepertinya tidak menarik sebelum kita membacanya. Itu semuanya hanyalah sebuah asumsi dari diri kita yang akhirnya membuat kita menjudmentnya tanpa sengaja untuk tidak membaca, yang berakibat pada terbentuknya PERILAKU MALAS untuk membaca.

Tulisan adalah sebuah representasi internal dari diri seseorang yang ingin disampaikan dan diapresiasikan melalui tulisan dan disampaikan kepada hal layak umum untuk diketahui dan lebih memuaskan lagi dapat lebih diperhatikan dan menjadi manfaat dari orang yang membaca tulisan tersebut, baik itu berupa tulisan dari pendapat diri pribadinya, tulisan fakta-fakta atau cerita-cerita kehidupan yang dianggap oleh sang penulis dapat diambil hikmah dari cerita yang dituliskannya tersebut, atau tulisan-tulisan dari hasil eksperimen atau penelitian.

Tulisan-tulisan cerita kehidupan bisa dibuat pendek, padat dan berisi, sedangkan tulisan yang bersifat ilmiah itu cukup sulit untuk dibuat atau ditulis pendek dan padat, karena tulisan-tulisan yang bersifat ilmiah ini bisa mendapatkan protes karena adanya perbedaan perbendaharaan (distorsi) keilmuan yang dimiliki oleh orang lain yang disimpan dalam memori otaknya dengan cara membandingkannya dengan apa yang telah dipelajarinya dan yang telah disimpannya dalam memori otaknya dan juga ini dikarenakan adanya banyak yang telah menjadi ahli yaitu Ahli Protes...huehuehuehue.

Sebelumnya saya juga sama seperti anda-anda yang sepertinya malas saat melihat tulisan yang panjang, hanya dengan melihatnya saja tanpa mencoba membacanya saya sudah menjudment diri saya pribadi malas membacanya. Sebagai seorang dokter saya berpikir kembali, masa hanya dengan tulisan yang ditulis panjang yang hanya saya liat dan belum saya baca saja saya sudah malas dan akhirnya ini menjadi prilaku buat saya pribadi yang jadi malas membaca tulisan apapun walaupun tulian itu pendek.

Saat saya kembali mempelajari tentang intelegensia pada banyak teks books Ilmiah Nuroscience bahwa orang2 yang mudah berpindah dari satu pikiran ke pikiran lain atau tidak fokus adalah orang2 yang pusat intelegensi nya mengalami kemunduran yang berakibat pada kerusakan pusat intelegensi itu sendiri yang tanpa disengaja ini terjadi oleh diri kita pribadi dan saat itu saya terpaku dan menyadari duh sungguh sayang dan menyesal dengan apa yang saya pikir selama ini.
Dimana bila terjadi kerusakan pusat intelegensi ini maka bisa jadi saya secara pribadi menjadi sulit untuk berpikir kedepan karena pada pusat intelegensi ini terletak pusat visi dan misi hidup yang membuat kita mampu berpikir untuk memiliki masa depan, berhasil bahkan kaya.
Bisa dibayangkan kalau pusat ini rusak dan kerusakan atau kemunduran otak dikarenakan kematian neuron2 yang tidak digunakan yang dimulai usia 30 tahun dan bisa anda bayangkan diusia 30 thn telah mulai terjadi kemunduran, skr bayangkan di usia 40 tahun bagaimana lagi dengan proses berpikir ini, sedangkan kita semua mempunyai anak, istri dan orang tua yang ingin dibahagiakan, sungguh ironis kalau kemunduran ini terjadi maka kita hy mampu bekerja dan melakukan hal-hal yang biasa saja yang telah biasa kita lakukan tanpa dapat lagi melakukan hal-hal lain yang dapat membuat kita mampu mendapatkan dan melakukan lebih.

Nah mulai saat ini juga tanamkanlah dalam diri anda, saya dan kita semua, saat ada tulisan yang datang pada anda dalam bentuk apapun sadarilah ini adalah berkah dari tuhan untuk saya, anda dan kita semua untuk mengetahui dan menambah pengetahuan kita untuk menjadikan diri kira menjadi semakin cerdas, cerdik dan pandai. Amin


Salam sukses
Banjarmasin, 7 Oktober 2009
Pk : 08.45 wita


Dr.A.Fadly Noor