Jumat, 03 Juni 2011

Seminar dan Workshop Penanganan Luka dan Teknik Menjahit Luka (7 Januari 2011)


Suatu kegiatan yang bertujuan untuk sharing ilmu dan keterampilan kepada rekan-rekan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana di Indonesia dan di Bali khususnya. Di Bali angka kecelakaan cenderung semakin meningkat, di sinilah diperlukan tenaga-tenaga profesional yang memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus mengenai teknik-teknik penanganan cedera ataupun luka. Sebagai mahasiswa fakultas kedokteran, sudah sewajarnya jika kita dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih di bidang ini. Hanya saja, pengetahuan dan keterampilan ini tidak diajarkan sejak dini secara khusus pada kurikulum perkuliahan, melainkan baru diperkenalkan saat menjelang masa dokter muda. Sedangkan pengetahuan dan keterampilan ini seharusnya sudah dipahami sedini mungkin oleh semua mahasiswa fakultas kedokteran karena sangat berguna saat menginjak jenjang profesi maupun dalam praktek sebagai dokter nantinya.


Persiapan Acara
Dari tgl 21 Desember ret sampai 7 Januari 2011 dilakukan persiapan Seminar dan kegiatan ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu persiapan acara, jalannya acara, dan akhir acara.
Persiapan acara sudah dilaksanakan sehari sebelum acara yakni pada tanggal 7 Januari 2011 sore. Dimulai dengan menata kursi ruang kuliah lantai 4 oleh sie perlengkapan dengan dibantu oleh panitia-panitia lain, diawasi oleh ketua panitia. Sie kesekretariatan juga menyiapkan kontribusi peserta.
Pada hari H, panitia datang tepat waktu. Semua sie mengerjakan tugas masing-masing, terutama yang berhubungan dengan keperluan registrasi peserta. Sie perlengkapan mengecek apakah semua peralatan sudah siap, dan sie kesekretariatan menata kontribusi peserta yang akan dibagikan serta menyiapkan lembar registrasi peserta.
Pukul 08.00 registrasi peserta mulai dibuka. Kontribusi dibagikan sesuai dengan paket yang dipilih oleh peserta saat mendaftar (paket 1 atau paket 2). Tidak ada masalah saat registrasi maupun pembagian kontribusi.
Persiapan acara untuk Workshop II dan Workshop III dilakukan setelah kuliah berakhir yaitu pada pukul 16.00 WITA. Persiapan ini dilakukan oleh sie perlengkapan dengan dibantu oleh panitia lainnya yang bertempat di ruang kuliah lantai 4. Selain itu sie konsumsi juga mempersiapkan snack yang akan dibagikan ke peserta. Sementara sie lain melakukan tugasnya masing-masing.
Jalannya Acara
Pembukaan dimulai pada pukul 09.30 WITA. Acara pembukaan ini sedikit terlambat akibat pihak dekanat yang sulit untuk dihubungi, sehingga acara dibuka oleh Ketua BEM FK UNUD. Acara pembukaan diisi dengan sambutan dari Ketua Panitia, Ketua TBM JD, dan dibuka oleh Ketua BEM FK UNUD. Acara selanjutnya berjalan dengan lancar. Peserta sangat antusias saat menyimak materi yang dibawakan pembicara, terutama saat diberikan simulasi. Panitia telah menyiapkan alat perekam yang bisa langsung ditayangkan dengan LCD, sehingga seluruh peserta dapat melihat dengan lebih jelas simulasi yang dilakukan oleh pembicara. Panitia dari TBM Janar Dūta juga ikut membantu menjelaskan teknik yang disimulasikan oleh pembicara bagi peserta yang merasa kurang jelas. Adapun tujuan dari workshop adalah agar setiap peserta yang berjumlah 80 orang dapat bebas dan lebih nyaman dalam mempraktekkan teknik menjahit luka yang telah diajarkan. Acara berakhir tepat waktu sesuai dengan jadwal, dan piagam langsung dibagikan kepada para peserta.
Akhir Acara
Setelah acara selesai, panitia langsung merapikan dan membersihkan ruangan, terutama sie perlengkapan dibantu oleh panitia lain. Kursi-kursi disusun kembali, semua peralatan dibereskan, dan memastikan tidak ada sampah yang tertinggal. Setelah ruangan selesai dibereskan, langsung diadakan rapat evaluasi.