Selasa, 30 November 2010

Hiking Batur 2010



















Kegiatan hiking gunung Batur 2010 dalam rangka merayakan HUT TBM Janar Duta ke-19 dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu tanggal 30-31 Oktober 2010. Sebelum pemberangkatan dilakukan persiapan dan pengumpulan alat-alat yang nantinya diperlukan pada saat pelaksanaan kegiatan. Pengumpulan alat-alat dibantu oleh semua anggota 19 TBM Janar Duta.

Pada tanggal 31 Oktober 2010 pemberangkatan dibagi menjadi 2 kelompok, karena pada saat itu bersamaan dengan Diklat V CA TBM 2010.

- Pemberangkatan I: dilaksanakan jam 13.00 dimana yang berangkat adalah semua anggota perlengkapan ditambah 1 orang dari sie transport dan PIC kegiatan hiking. keberangkatannya mengendarai mobil HILUX dengan membawa semua alat-alat. Setibanya di lokasi sekitar pukul 17.00, segera diadakan persembahyangan. setelah itu baru mulai menurunkan alat-alat dan mendirikan tenda.

- Pemberangkatan II: dilaksanakan sekitar waktu 15.00 setelah pelaksanaan Diklat V CA selesai. Pemberangkatan kedua menggunakan truk yang terdiri dari semua peserta hiking dari angkatan 19 dan 18. pemberangkatan II tiba di lokasi sekitar pukul 18.00. Setibanya disana semua peserta dan panitia hiking melaksanakan persembahyangan bersama dan acara dilanjutkan dengan manggang, disini semua peserta nampak sangat menikmati sekali kegiatannya. Di sela-sela kegiatan manggang banyak juga yang tidak mau melewatkan moment-moment itu dengan berfoto ria.

Pukul 21.00, setelah acara manggang selesai dilaksanakan makan bareng , walaupun makan dengan alakadarnya semua peserta sangat senang dan menikmati kebersamaan. Lalu acara dilanjutkan dengan beristirahat untuk mempersiapkan tenaga agar acara hiking pada keesokan paginya dapat berjalan lancar.

Tanggal 31 jam 02.00 pagi semua peserta dibangunkan agar dapat bersiap-siap untuk mendaki. Sebelum melaksanakan pendakian, semua peserta mengadakan persembahyangan bersama dan melakukan pemanasan.

Tepat pukul 02.30 semua peserta bergerak munuju point hiking di kaki gunung Batur. Acara hiking berjalan cukup lancar walau di tenganh perjalanan sempat ada salah satu anggota TBM yang mengalami hipoglikemi. Tetapi kejadian itu tidak menghambat perjalanan peserta hiking, peserta hiking tetap semangat dan bahu-membahu menuju pencak gunung Batur.

Akhirnya, pukul 06.00 puncak gunugn Batur tercapai dengan selamat. Dan acara dilanjutkan dengan foto bareng dan upacara bendera di puncak.

Jam 07.30, peserat mulai munuruni gunung Batur menuju perkemahan. sesampai di perkemahan, para peserta berisrirahat, makan, berisih-bersih, menurunkan tenda lalu kembali ke Kampus Sudirman.