Sabtu, 20 November 2010

BAKTI ALAM


Bakti Alam Tim Bantuan Medis Janar Dūta tanggal 13 November 2010 merupakan salah satu rangkaian acara perayaan Hari Ulang Tahun Tim Bantuan Medis Janar Dūta Fakultas Kedokteran Universtas Udayana yang ke- 19 yang dirayakan pada tanggal 20 November 2010. Bakti Alam ini dilaksanakan di Kampus UNUD Bukit Jimbaran tanggal 13 November pukul 07.00 WITA s/d 12.00 WITA dengan melibatkan peserta dari seluruh anggota TBM Janar Dūta, Calon Anggota angkatan 20 TBM Janar Dūta, beberapa fakultas di lingkungan Universitas Udayana, seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknologi Pertanian, dan Fakultas Sosial dan Ilmu Politik serta dari Siswa Pencinta Alam SMA Negeri 6 Denpasar. Acara ini dihadiri oleh perwakilan BEM FK UNUD, BPM FK UNUD, LPM PCYCO, Ketua-Ketua HM di lingkungan FK UNUD, Ketua-Ketua BSO di lingkungan FK UNUD dan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Udayana yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Pembantu Dekan III FK UNUD, Dr. dr. Dyah Pradnyaparamita Duarsa, M.Si.

Bakti Alam ini terdiri dari dua bentuk kegiatan yaitu penanaman 500 bibit pohon dan bersih sampah plastik. Penanaman pohon ini dimaksudkan untuk mengisi lahan kosong dan menambah keasrian lingkungan kampus UNUD Bukit Jimbaran sehingga dapat tercipta suasana yang kondusif dari segi lingkungan untuk proses belajar mengajar. Bibit pohon ini terdiri dari 300 bibit pohon Trembesi (Samanea saman )dan 200 bibit pohon Sawo Kecik (Manilkara kauki). Sementara bersih sampah plastic merupakan upaya dari TBM Janar Dūta untuk mengurangi limbah sampah plastic yang dapat menimbulkan berbagai penyakit dan sulit untuk hancur sampai ratusan tahun. Kedua kegiatan ini berlangsung secara serempak dimana peserta pesertanya dibagi dalam beberapa pos untuk kegiatan penghijauan dan bersih sampah plastik sepanjang Tugu UNUD dekat by pass Ngurah Rai sampai dengan jembatan di sebelah kampus Fakultas Hukum Bukit Jimbaran.

Kegiatan Bakti Alam ini merupakan salah satu upaya TBM Janar Dūta untuk ikut andil dalam pemeliharaan kesehatan yang tidak hanya terorientasi pada upaya kuratif tapi juga upaya preventif untuk mencegah muncul dan berkembangnya suatu penyakit seperti apa yang dipaparkan oleh Ibu Pembantu Dekan III FK UNUD dalam sambutannya yang pada kesempatan tersebut beliau mewakili Rektor Universitas Udayana. Selain itu kegiatan Bakti Alam ini merupakan salah satu bentuk pengabdian dan kepedulian BSO TBM Janar Dūta terhadap lingkungan sekitar seperti apa yang dipaparkan oleh Ketua BSO TBM Janar Dūta, I Made Adi Suryadarma dalam sambutannya.

Beberapa instansi atau pihak yang ikut mendukung kegiatan ini diantaranya Dinas Kehutanan Provinsi Bali, Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bali, Pemerintah Kabupaten Badung, dan Balai Perbenihan Tanaman Hutan Bali dan Nusa Tenggara (BPTH Bali-Nusra).