Sabtu, 20 November 2010

Donor Darah

Tim Bantuan Medis Janar Duta kembali mengadakan kegiatan donor darah sebagai bentuk pengabdian masyarakat. Kali ini donor darah dilaksanakan pada tanggal 10 November 2010 dalam rangka menyambut hari ulang tahun Tim Bantuan Medis Janar Duta yang ke XIX, dimana puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 20 November 2010, sekaligus memperingati Hari Pahlawan.

Yang berbeda dari kegiatan donor darah ini adalah tempat pelaksanaannya, yang dilaksanakan di lantai 1, depan ruang Ikayana Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kegiatan donor darah dilaksanakan dari pukul 08.00 WITA hingga 12.00 WITA. Dalam penyelenggaraannya, Tim Bantuan Medis Janar Duta bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah RSUP Sanglah, yang beranggotakan 6 orang tenaga medis. Peserta donor darah kebanyakan adalah dari Calon Anggota TBM Janar Duta XX, para senior TBM Janar Duta, juga dari segenap civitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Banyaknya kantong darah yang terkumpul hingga akhir kegiatan adalah 84 kantong darah.

Hambatan yang dirasakan selama kegiatan berlangsung adalah keterbatasan tenaga medis dari pihak UPT Sanglah pada skrining pretransfusi sehingga menurunkan niat para pendonor karena tidak ingin mengantre terlalu lama. Tahun depan disarankan untuk mempertimbangkan tenaga medis yang diperlukan dengan proporsi TUK yang ingin dicapai. Selebihnya kegiatan donor darah ini berjalan dengan lancar, hal ini tentu saja tidak terlepas dari bantuan dan kerjasama anggota TBM Janar Duta angkatan XIX beserta para senior TBM Janar Duta yang telah memberikan masukan, dukungan dan motovasi yang membangun.