Jumat, 30 Januari 2009

Superparenting


LAKUKAN APA YANG DIKATAKAN,
KATAKAN APA YANG DILAKUKAN

Sebagai orang tua, kita sangat mengiginkan sekali anak-anak kita menjadi anak-anak yang baik, anak yang saleh, taat dan patuh kepada orang tua, sehingga kita seringkali orang tua mengatakan kepada anak-anak nya : “Ayo Lakukan Apa yang telah Ayah Ibu Katakan?” bahkan kalimat ini sering dikatakan orang tua : “Kami sebagai orang tua kalian tidak ingin Anak-anak kami menjadi anak-anak yang Durhaka kepada Orang tua dan Kami tidak ingin kesalahan-kesalahan yang pernah kami lakukan didalam kehidupan kami, kalian lakukan pula. Cukup Kami yang merasakan hal yang tidak baik itu dilakukan”.


Tanpa Sadar bahwa orang tua ini sebenarnya telah memberikan contoh yang tidak benar dalam kehidupan anak-anak nya. Apa yang menyebabkan ini terjadi, karena orang tuanya telah melakukan hal itu lebih dulu dan sekarang baru menyesal, padahal apa yang telah dilakukan orang tua nya ini telah diketahui oleh anak-anak nya. Padahal kita tahu bahwa anak lebih suka mencontoh apa yang telah dilakukan orang dewasa, termasuk apa yang dilakukan orang tua nya, dibandingkan dengan apa yang dikatakan oleh orang tuanya.

Kalau Anda sebagai orang tua menginginkan anak anda menjadi Tauladan buat keluarga, maka perbaikilah dahulu diri anda untuk menjadi orang tua Tauladan bagi anak-anak dan keluarga Anda. Setelah itu barulah anda menuntut anak-anak anda mencontoh tauladan yang telah anda lakukan.

Karena itu jaga sikap dan perkataan anda agar benar-benar menjadi contoh tauladan buat kehidupan anak-anak anda dan keluarga anda. Lakukankan lah lebih dahulu apa yang anda katakan dan katakanlah apa yang telah anda lakukan kepada anak-anak anda dan keluarga anda. 
Yakinlah jika hal ini anda lakukan maka keluarga anda pasti mendengarkan anda dan anak-anak anda menjadi anak yang saleh, patuh dan taat kepada orang tuanya karena mereka sadar bahwa mereka mempunyai Orang tua yang luar biasa yang memang pantas dan patut dicontoh atas semua tindakan, perkataan dan perbuatan yang dilakukan oleh orang tuanya.

Selamat kepada anda yang telah melakukan apa yang anda katakan dan telah mengatakan apa yang telah anda lakukan.