Kamis, 15 Januari 2009

"Neuro Science of NLP & Hypnosis"

Dengan Neuro Science Membuat Saya Lebih Mudah memahami NLP & Hypnosis


Tanggal 11 Januari kemarin Sinergi Inspirasi Resources mengadakan Seminar Series #1 bertajuk "Neuro Science of NLP & Hypnosis" yang dipresentasikan dengan sangat menarik oleh Dr. A. Fadly Noor, C.Ht, MNLP dan dihadiri oleh sekitar 60 praktisi NLP dan Hypnosis. Dr. A. Fadly Noor adalah seorang Master NLP yang saat ini bersama Markus Tan (Direktur LMI) sedang mengembangkan pengetahuan tentang Neuroscience yang diberi title “Neuro Activiting Engineering” (NAE).


Materi yang disampaikan sangat revolusioner bagi para peserta (termasuk saya), karena menurut pembicara, materi yang disampaikan bisa dianalogikan sebagai "bahasa mesin/assembler program" dari NLP & Hypnosis


Selama ini saya belajar NLP dan Hypnosis tanpa pernah benar-benar mengerti bagaimana sistem kerja otak sesungguhnya...


Bagaimana neuron-neuron dalam korteks berinteraksi satu sama lain ? Dimanakah sebenarnya letak subconscious itu ? Benarkah RAS berfungsi sebagai "pintu gerbang" menuju subsconsious ?


Salah satu topik kontroversial adalah tentang fungsi RAS. Selama ini banyak trainer & pembicara, juga penulis buku Indonesia mengatakan bahwa, RAS dianggap sebagai "Badan Sensor Pikiran". Semua input yang masuk ke dalam pikiran harus melalui RAS untuk dipilah mana yang bisa masuk ke dalam subconcious dan mana yang "dibuang".


Menurut dr. Fadly, semua input ke dalam pikiran baik berupa informasi, sugesti dll pasti akan direkam ke dalam neuron-neuron dan tidak akan pernah hilang atau malah dibuang. Nah fungsi RAS yang sesungguhnya adalah mengirimkan stimulus yang diterima melalui VAKOG ke neuron-neuron yang bersangkutan untuk kemudian neuron-neuron tersebut akan berinteraksi dalam suatu proses yang disebut "subconcious mind" dan mengasilkan suatu output tertentu.


Banyak hal pula yang dibahas dalam seminar ini, seperti dimanakah letak subsconcious mind, unsconcious, serta conscious mind itu. Dan diajarkan juga prinsip dasar beberapa teknik terapi NLP seperti: Six step reframming, hypno sleeming, age regression, visual squosh, personal change history dan cara anchoring yang efektif menurut neuroscience.



Antusiasme peserta sangat nampak sekali, terbukti mereka sangat puas dengan materi yang disampaikan. Dalam waktu dekat Sinergi Inspirasi akan mengadakan Workshop Fundamental untuk Neuro Science durasi 1 hari.




Salam Excellent,
Bobby Febryanto,
> Praktisi marketing serta pembelajar NLP & Hypnosis

> Co-Founder Sinergi Inspirasi Resources