Senin, 03 September 2012

Tips untuk mahasiswaFK Baru

Hal tersulit dari melakukan sesuatu adalah memulianya. Salah satunya adalah memulai kebiasaan perkuliahan di FK baik itu untuk mahasiswa baru maupun mahasisawa lama. Bagi mahasiswa lama, penyakit yang muncul setiap libur panjang terutama di bulan puasa adalah jam tidur yang tidak beraturan. Yang normalnya tidur jam 1 malam bangun jam 6 pagi, menjadi tidur jam 6 pagi bangun jam 1 siang #CurcolDikit. Nah untuk kesulitan para maba mungkin agak banyak karena belum terbiasa dengan suasana perkuliahan. Berikut ini ada tips yang mungkin bermanfaat bagi mahasiswa baru:

1. Etika
Sebelumnya, kita membahas pengertian dari kata etika itu sendiri. Klo kata om KBBI sih gini:
eti·ka /├ętika/ n ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak)


Etika merupakan hal yang terpenting ketika menjadi seorang dokter. Kenapa etika menjadi sangat penting? Karena seorang dokter nantinya akan berhadapan dengan pasien yang juga seorang manusia. Akan percuma jika kita memiliki gelar sepanjang kereta, tetapi tidak memiliki etika terhadap pasien, karena pasien tentu lebih memilih dokter yang tidak bergelar panjang tapi memiliki etika yang baik. Bahkan banyak dokter-dokter senior yang mengatakan bahwa ilmu itu keutamaannya masih 1 tingkat di bawah etika. Oleh karena itu di FK kita akan ditekankan mengenai etika sejak awal.

2. Miliki Hubungan Baik dengan Teman Sejawat
Kehidupan di FK itu bisa dibilang kadang susah, kadang membosankan, kadang menjemukan, dll. Di sinilah gunanya kita memiliki teman. Jadi ketika kalian berkuliah di FK bertemanlah dengan semua sejawat kalian. Jangan membuat geng dan hanya berteman dengan teman yang itu-itu saja, atau lebih parah lagi kalian malah menjadi orang yang tidak begitu berteman dengan teman-teman lain karena sibuk mojok bareng pacar di belakang kelas (Hayooo ngaku siapa yang suka gini).

Miliki juga hubungan yang baik dengan kakak tingkat dan adik tingkat kalian nantinya. Seringkali seseorang berlaku tidak baik terhadap adik tingkatnya dikarenakan merasa senior di kampus. Hati-hati jika kalian suka menyiksa adik tingkat kalian, siapa tau ketika koass ternyata adik tingkat kalian menjadi senior. :p


3. Enjoy It!
Banyak yang bertanya, "kuliah di FK itu enak apa enggak sih?". Sebenarnya yang bisa menjawab pertanyaan ini adalah diri kita sendiri. Ketika kita menikmati setiap proses pembelajaran kita untuk menjadi dokter, maka semua problem dan jalan yang kita alami akan terasa lebih nikmat. Nah, klo misalnya kita selalu merasa terbebani dengan proses pembelajaran kita menjadi seorang dokter, ya otomatis kuliah se-enak apapun jadinya gak enak. Itulah pentingnya kita bersyukur akan setiap detik yang kita lalui. Sebesar apapun masalah yang kita hadapi, pasti dapat kita lalui. Just remember, God is bigger than our problem.

4. Kita = Cerminan Angkatan
Ketika kamu memutuskan untuk berbuat hal yang dapat merugikan angkatan alangkah lebih baiknya dipikirkan lagi sebelum bertindak. Bahkan, perbuatan yang sebenarnya atas nama diri kamu pribadi bisa jadi disangkut pautkan oleh orang lain dengan angkatanmu.  Jaga nama baik angkatanmu dengan menjaga sifatmu, terlebih sifat terhadap adik tingkat, kaka tingkat, dan seluruh orang di lingkungan sekitar. Karena yang akan rugi nantinya adalah kamu dan teman seangkatanmu sendiri.

5. Jangan Menjadi Penakut
Seringkali seorang mahasiswa kedokteran takut ketika disuruh mempraktekkan skill yang sudah dipelajarinya. Alasan mulai dari takut salah ataupun yang lainnya itu justru akan menghambat ilmu kalian! Disini bukan berarti mengajarkan kalian menjadi orang yang berani untuk berbuat dengan semena-mena. Melainkan agar kita menjadi sosok pribadi yang berani melakukan dengan hati-hati dan penuh akan rasa tanggung jawab.

Selagi kita masih proses pembelajaran dan diawasi oleh dosen jangan takut untuk mencoba. Contoh simplenya, sering kali mahasiswa takut ketika disuruh mempraktekkan skill menyuntik ke temannya. Jika kalian ingin bisa, kalian harus berani melawan rasa takut. Selagi kalian masih mahasiswa dan ada dosen yang bisa membantu mengarahkan kenapa harus takut? Lebih baik salah ketika kalian masih belajar dibanding salah ketika kalian menjadi seorang dokter.

6. R-A-J-I-N
Oke, saran yang terakhir ini sengaja ditulis dengan huruf kapital. Jika ingin mendapat IP yang tinggi kuncinya cuman 1, yaitu rajin. Tidak perlu menjadi jenius seperti einstein, asalkan kita rajin untuk belajar saja sudah lebih dari cukup. Idealnya setiap materi kuliah yang diberikan, malamnya review ulang materi tersebut.
Untuk MaBa jangan seperti ini loh!

7. Aktif Organisasi
Kuliah-Pulang-Belajar-Tidur-Kuliah
Mungkin seperti itulah pola hidup yang dijalani beberapa mahasiswa kedokteran selama 3.5 tahun. Kelihatannya membosankan bukan? Ya, memang benar membosankan. Itulah mengapa kita harus mencari kesibukan lain selain kuliah.

Mungkin kalian ada yang berpendapat "Tapi bukannya kuliah di FK itu udah sibuk? Mana sempet ah buat ikut-ikutan organisasi. Mending waktunya digunakan untuk belajar atau tidur."
Orang yang berpendapat seperti ini adalah orang yang berpola pikir salah. Sesibuk-sibuknya perkuliahan kita, pasti ada waktu kosong yang kita gunakan untuk bermalas-malasan. Nah daripada waktu kosong tersebut digunakan untuk bermalas-malasan lebih baik digunakan untuk kegiatan berorganisasi.

Keuntungannya ikut berorganisasi sendiri ada banyak, salah satunya kita akan mendapatkan pelajaran yang tidak kita dapatkan dari perkuliahan, pelajaran itu seperti kepemimpinan, kebersamaan, dan manajemen waktu. Perlu diingat juga, seorang dokter itu tidak dapat bekerja sendirian, ia pasti akan bekerja sama dengan praktisi kesehatan lainnya.



Merenung dikit yok!!!
Ketika kita benar-benar mencintai seorang lawan jenis, kita pasti akan rela berbuat segalanya untuk dia. Kita kan rela mengeluarkan uang banyak, memperhatikannya, sampai kadang menunggu sekian lama karena digantung atau karena dia belum putus dengan pacarnya. Begitu juga dengan mahasiswa, seandainya kita benar-benar mencintai profesi yang akan kita dapatkan nanti, kita pasti akan rela begadang sampai larut malam, bercinta dengan buku-buku pelajaran, dan lainnya demi menjadi seorang dokter.

Ketika ketika kalian mulai merasa lelah dan bosan berkuliah di FK, maka ingat-ingalah kembali apa motivasi kamu masuk FK. Bila kalian masuk FK demi membanggakan orang tua, maka pikirkanlah bagaimana perasaan orang tua kita jika anaknya ternyata tidak belajar dengan sungguh-sungguh. Bayangkan juga bagaimana raut senyum di muka kedua orang tua kita ketika anaknya di sumpah dokter, terlebih jika kita mendapat IPK yang tinggi, pasti mereka akan sangat bangga.

Mungkin postingan ini cukup sampai disini, jika ada teman-teman yang lain mau memberi tips yang lain bisa ditambahkan di box komen. Terkahir, untuk teman-teman MaBa saya selaku admin @mahasiswaFK mengucapkan.......

*pasang pengeras suara*

"SELAMAT DATANG DI KELUARGA KAMIIII!!!!!"