Sabtu, 12 Februari 2011

Hanya Bernostalgia Kehidupan Waktu Masih Muda

Judulnya seperti seolah-olah (ga efektif banget bahasanya) penulis sudah tua padahal masih tergolong remaja lho..huaa labilll #abaikan
Yups,ini hanya sebuah nostalgia kecil ketika masih berstatus santri di suatu pondok pesantren kecil di Magelang sana. Alhamdulillah, sempat mengenyam pendidikan pesantren selama tiga tahun meskipun tidak soleh-soleh amat. Hahaha,,,santri nakal mungkin lebih tepatnya.
Seperti di pesantren-pesantren yang lain, kami disana belajar buaaaanyyyakk banget. Kitab-kitab fikih, aqidah, tajwid, nahwu dll menjadi makanan sehari-hari. Namun, tidak hanya hal itu. Banyak kisah menarik yang lucu aja untuk diingat dan di-remember kembali (iki opoooo jane).
Cerita 1
Ada bapak-bapak yang sering ngantar air minum ke pondok, namanya Pak Medi. Nah ini selalu ditunggu kehadirannya oleh anak-anak pesantren. Cerek kecil yang menghidupi. Hahaha..karena klo gak ada itu, kami gak minum deh. Kadang yang dibawa tuh airnya masih panas,biasanya kan langsung pada minum dari "cucuk"-nya itu, huaaa,,karena gak tau sering kebakar tu lidah. Parah santri kok grusah-grusuh (biarin :P).
Cerita 2
Nah tau gak, 1 kamar berukuran 3x3 bisa ditempati lebih dari 5 orang..haha..bener2 sempit. Tapi bukannya gak ada kamar, tapi pada cari kamar yang nyaman,hangat dan bersih. hauaua..kamarku termasuk kamar yang bersih dan hangat coz lantainya katu dan dilantai 2. Nah ,sebab tu kamar ku selalu penuh orang tiap maleeeemmm..parah,gak bisa gerak.
Cerita 3
Nah masih soal tidur2 ini. Bantal adalah barang berharga di pesantrenku. Nah apa kalian pernah tau bantal kayu? Bukan yang kaya film-fil di Cina tapi bener2 murni hasil kreatifitas (karena gak ada yang empuk) anak2 pesantren (tapi jelas bukan aku). Nah bentuknya itu balok berukuran 30x10x10 cm. Nah kemudian ditengahnya dibuat lengkungan atau bahasa jawanya "didhekok" sesuai dengan bantuk kepala. Jadi ntar bentuknya kaya gagang telfon gitu. Walaupun keras dan aneh tapi cukup nyaman dan jadi rebutan..hahaha..
Cerita 4
Terus ada barang lagi yang jadi primadona juga. Nah ini adalah kursi santai tanpa kaki yang langsung bersatu dengan meja. Ini dulu dipakai pak kyai tapi karena udah rusak dan sayag klo dibuang,ya sudah,dipake oleh anak-anak. Tuh busanya udah jebol kemana-mana,tapi tetep nyaman sebagai tempat belajar dan ngerjain tugas2 sekolah.
(bersambung lah..capek)