Selasa, 30 Agustus 2011

Kegiatan Jaga Dalam Kegiatan PKKMB, SD, BAKSOSHIP 2011

JAGA TBM JANAR DŪTA DALAM KEGIATAN PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS MAHASISWA BARU, STUDENT DAY, DAN BAKTI SOSIAL FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA 2011



Kegiatan berlangsung pada tanggal 15, 24, 25, 26, 27, dan 28 Agustus 2011. Kegiatan jaga TBM JD dimulai dari pk. 08.00 -16.00 WITA bertempat di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, kampus Sudirman. Kegiatan jaga dibagi menjadi dua shift setiap harinya yaitu shift pagi dari pk.08.00-12.00 WITA dan shift siang yaitu pk.12.00 –16.00 WITA. Dengan jumlah anggota yang berjaga yaitu 5 orang tiap shift. Dan PIC : Dyah Chandratika (TBM.1020642).

Secara keseluruhan, penanganan kasus-kasus yang terjadi sudah ditangani dengan baik. Ini adalah rincian kasus-kasus yang terjadi pada saat jaga:

Pada tanggal 15 Agustus yaitu kegiatan Technical Meeting PKKMB,SD FK UNUD 2011 berupa acara pengarahan yang dilaksanakan di ruang kuliah. Adapun kasus-kasus yang terjadi yaitu panas, pilek ditangani dengan memberikan paracetamol; sakit tenggorokan ditangani dengan memberikan FG Troches; sakit maag dan diberi promaag; nyeri haid diberikan asam mefenamat. Selain dengan memberikan obat, TBM JD juga memberikan minyak kayu putih pada kasus-kasus tertentu, setelah itu juga tidak lupa untuk mengistirahatkan pasien untuk memulihkan kondisinya.



Pada tanggal 24 Agustus 2011 yaitu pada acara PKKMB FK UNUD 2011 terdapat kasus-kasus yaitu luka ditangani dengan membersihkan menggunakan NaCl, beri betadine, dan tutup luka; sesak nafas dengan istirahatkan dan menggunakan obat yang dibawa sendiri; pusing dengan istirahatkan; nyeri punggung dengan istirahatkan dan memberi paracetamol; nyeri haid ditangani dengan memberi femiax; sakit maag dengan memberi promag; mata kering ditangani dengan memberi NaCl; hiperventilasi dengan menggunakan kantong kertas dan istirahatkan.

Pada tanggal 25 Agustus 2011 yaitu PKKMB FK UNUD 2011 hanya terdapat satu kasus yang tercatat di Rekam Medis. Yaitu sakit maag dengan keluhan mual dan pusing adapun penanganan yang dilakukan yaitu dengan memberi promag dan istirahatkan.

Pada jaga dalam kegiatan Student Day FK 2011 yaitu tanggal 26 Agustus 2011 juga terdapat satu kasus saja. Yaitu pasien dengan keluhan lemas, panas, pusing, mual. Ditangani dengan memberikan promag dan paracetamol.

Tanggal 27 Agustus 2011 yaitu kegiatan Bakti Sosial namun acara hanya berlangsung di dalam ruangan saja. Adapun kasus-kasus yang terjadi yaitu sakit kepala ditangani dengan memberi paracetamol; pusing dan mual dengan memberi minyak kayu putih; sakit maag dengan memberi promag; mual dengan memberi mylanta; pilek dan batuk dengan memberi demacolin.

Pada tanggal 28 Agustus 2011 yaitu kegiatan Bakti Sosial dan acaranya berlangsung di dalam ruangan dan di luar ruangan yaitu di lingkungan sekitar kampus FK UNUD. Pada shift pagi tidak terjadi kasus. Dan shift siang terjadi kasus yaitu sakit maag, pusing dengan memberikan promag dan istirahatkan.

Demikian kasus-kasus yang terjadi pada jaga PKKMB, SD dan Baksos FK UNUD 2011. Obat yang digunakan yaitu dari TBM JD dan dari panitia pelaksana kegiatan. Selain itu ada juga obat yang dibawa sendiri oleh pasien dengan penyakit khusus.

Adapun hambatan yang ditemui yaitu kekurangan tenaga dari TBM JD angkatan 20 untuk jaga pada hari tertentu saja karena banyaknya jadwal jaga pada fakultas lain yang bersamaan pada hari tersebut. Jadi kami meminta bantuan dari angkatan 19 yang kebetulan tidak menjadi panitia PKKMB, Student Day dan Baksos FK 2011.

Kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat melatih kemampuan kita untuk melakukan anamnesis, memeriksa vital sign dan dapat melatih kita untuk menangani pasien dalam situasi yang berbeda-beda serta memberikan penanganan dan obat yang tepat dalam kasus-kasus yang terjadi langsung di lapangan. Adapun pesan untuk kegiatan jaga selanjutnya yaitu Sebelum melaksanakan jaga, sebaiknya diperiksa persediaan obat agar benar-benar lengkap dan mencukupi. Dan selalu mengingatkan anggota untuk mengisi rekam medis dengan lengkap untuk setiap kasus yang ditemui.